Breaking News:

Berita Kabupaten Kediri

Rumah Persada Sukarno Gelar Aksi Selamatkan Rakyat dari Dampak Pandemi Covid-19

Rumah Persada Sukarno menggelar aksi selamatkan rakyat dari dampak pandemi Covid-19, dengan menggelar doa bersama lintas agama.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Didik Mashudi
Rumah Persada Sukarno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kearifan lokal dilakukan para pegiat Rumah Persada Sukarno yang merupakan rumah masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Ketua Harian Persada Sukarno, Kushartono menjelaskan, aksi yang dilakukan adalah menggelar doa bersama lintas agama dan membantu pemerintah menyelamatkan masyarakat dari dampak pandemi Covid-19 (virus Corona).

"Dampak besar akibat virus Corona menghantam hampir di semua sektor, baik sosial, ekonomi, politik, ketahanan nasional, pendidikan bahkan sampai kepada mental masyarakat," ungkap Kushartono, Minggu (1/8/2021).

Sesuai rencana, kegiatan doa bersama lintas agama akan digelar pada Rabu (4/8/2021) malam. Pelaksanaan akan dilakukan dengan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Para pegiat yang merupakan pemuda lintas komunitas, pemuka lintas agama, Persaudaraan Cinta Tanah Air Indonesian, merasa prihatin dengan dampak dari Covid-19 sehingga tercetus keinginan untuk membantu pemerintah dan menyelamatkan masyarakat dari dampak Covid-19.

"Kami mengajak dulur-dulur (saudara-saudara) semua yang mempunyai doa, mantra, pusaka, sesaji, aji-aji, ramuan, tembang, lagu, syair, puisi, tarian, rajah, benda-benda dan lain-lain dari warisan leluhur bangsa Indonesia," ungkap Kushartono.

Selanjutnya bersama-sama memohon kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa agar bangsa Indonesia dan NKRI selamat aman dari dampak pagebluk Corona.

"Monggo (silakan) yang merasa punya tinggalan dari leluhur bisa diikutkan demi untuk kebaikan bangsa dan NKRI. Mohon doa restunya," tambahnya.

Baca juga: ASN dan Dharma Wanita Bagikan Nasi Kotak di TPA 2 Klotok Kediri, Warga Harap Kepedulian Berlanjut

Kushartono mengemukakan, pihaknya ingin membantu pemerintah untuk bersama-sama  menyelamatkan masyarakat kecil dari dampak virus Corona.

"Kita prihatin orang kecil sulit mencari nafkah. Kalau pemerintah terus-menerus mensuplai apa ya mampu, kasihan pemerintah," ujarnya.

Karena masih dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan kegiatan dilakukan dengan peserta terbatas, hanya khusus orang-orang yang akan berdoa.

Selain itu peserta sanggup mematuhi protokol kesehatan serta acara akan dilaksanakan dengan live streaming.

Sedangkan yang tidak berkepentingan diimbau untuk tidak hadir dan agar mengikuti kegiatan melalui live streaming.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved