Breaking News:

Berita Kota Malang

BPJS Kesehatan Bersama Pemkot Malang Perpanjang Kerja Sama Kualitas Jaminan Kesehatan Nasional

BPJS Kesehatan dan Pemkot Malang memperpanjang kerja sama kualitas jaminan kesehatan nasional untuk warga.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Wali Kota Malang, Sutiaji menandatangani MoU dengan BPJS Kesehatan dengan didampingi oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dian Diana Kartika dan Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso di Balai Kota Malang, Senin (2/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemerintah Kota Malang bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata menandatangani perpanjangan Kesepakatan Bersama Tentang Pemanfaatan Data dan Informasi dalam Layanan Lingkup Tugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan di Balai Kota Malang, Senin (2/8/2021).

Penandatangan ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Malang.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Malang, Dina Diana Permata mengatakan, salah satu implementasi dari Kesepakatan Bersama ini adalah diadakannya Dashboard JKN BPJS Kesehatan kepada pemerintah daerah (pemda).

Hal ini untuk memudahkan pemda dalam mendapatkan data dan informasi perkembangan Jaminan Kesehatan Nasional di daerahnya. 

Adapun data dan informasi yang disediakan dalam mobile JKN KIS antara lain data kepesertaan dan capaian Universal Health Coverage, fasilitas kesehatan yang bekerja sama dan pemanfaatan pelayanan kesehatan, baik di fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjutan.

"Dashboard JKN ini berupa layanan website dari BPJS Kesehatan untuk pemerintah daerah. Jadi pemda bisa mengakses data-data kepesertaan dan pelayanan kesehatan yang tersedia secara langsung, tidak harus menunggu adanya surat maupun laporan. Harapan kami memudahkan Bapak Wali Kota untuk mengambil kebijakan-kebijakan terkait pelaksanaan Program JKN di Kota Malang," ucap Dian.

Dian menambahkan, di 2020 lalu kantong pemanfaatan JKN-KIS di Kota Malang ini sangat baik dan optimal. 

Pada saat itu, lanjut Dian, Wali Kota Malang menjadi narasumber untuk motivasi daerah lain agar dapat memanfaatkan Dashboard JKN-KIS dengan baik.

Selain itu, melalui Dashboard JKN-KIS, pemda juga dapat memanfaatkan terkait jaminan kesehatan dengan memanfaatkan data-data yang ada.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved