Breaking News:

Berita Mojokerto

Cara Unik Nakes Ajak Pasien Covid-19 Gejala Ringan Senam Goyang Jaran Kepang Tambah Imun Tubuh

Cara unik dilakukan para Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam merawat pasien Covid-19 gejala ringan yang menjalani isolasi di ruang perawatan Puskesmas Puri

Penulis: Mohammad Romadoni | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Nakes berkreasi senam dengan Jaran Kepang untuk menghibur pasien Covid-19 gejala ringan yang menjalani isolasi di Puskesmas Puri, Kabupaten Mojokerto. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, M Romadoni

TRIBUNJATIM.COM, MOJOKERTO - Cara unik dilakukan para Tenaga Kesehatan (Nakes) dalam merawat pasien Covid-19 gejala ringan yang menjalani isolasi di ruang perawatan Puskesmas Puri, Kabupaten Mojokerto.

Mereka berkreasi dengan memadukan senam dan goyang Jaran Kepang untuk menghibur pasien Covid-19 agar tidak bosan yang sekaligus dapat menambah imunitas tubuh untuk mempercepat penyembuhan.

Dalam video berdurasi tiga menit 26 detik tersebut tampak dua Nakes berpakaian APD (Alat Pelindung Diri) di halaman bangunan Puskesmas lengkap dengan aksesori tari Jaran Kepang

Terlihat pasien Covid-19 saat beraktivitas
olahraga dan berjemur begitu antusias
mengikuti gerakan-gerakan senam sembari berjoget dari para Nakes tersebut.

Berbeda dari tarian asli, senam dipadu joget Jaran Kepang kreasi Nakes ini diiringi musik dangdut koplo yang membuat suasana semakin semarak.

Kepala Puskesmas, dr Retno Dhanarwarih mengatakan video Nakes berjoget Jaran Kepang menghibur pasien Covid-19 ini memang didokumentasikan oleh Tim The Green House Puri yang banyak beredar di media sosial WhatsApp.

"Semuanya ide itu memang dari Nakes kami yang sebelumnya bekerja di Puskesmas Gondang mereka pintar berkreasi dalam menambah imun pasien Covid-19 yang mempercepat penyembuhan," ungkapnya, Senin (2/8/2021).

Menurut dia, para Nakes seringkali mendokumentasikan aktivitas olahraga pagi bersama pasien Covid-19 sejak Puskesmas Puri menjadi rimah isolasi Juni 2021, bahkan juga diunggah di media sosial WhatsApp hingga Tik Tok.

"Mereka membuat kreasi video senam seperti joget-joget itu sudah awal Juni lalu itu tujuannya untuk hiburan warga yang isolasi Covid-19," jelasnya.

Masih kata Retno, pasien Covid-19 gejala ringan perlu aktivitas olahraga dan berjemur setiap pagi. Nah, untuk mengusir kebosanan itulah para Nakes itu mengkomandoi senam yang dikemas dengan kreasi joget Jaran Kepang. Mereka merasakan bahagia sehingga dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh dan akhirnya negatif Covid-19.

Baca juga: Alami Luka Bakar Parah, Korban Kebakaran Rumah di Malang Meninggal Dunia

"Kesembuhan itu memang tergantung dari imunitas mereka kalau selalu positif Thinking tidak ada komorbid ya Insyaallah dapat cepat sembuh kurang lebih tujuh hari setelah dinyatakan negatif dapat melanjutkan Isoman di rumahnya," terangnya.

Anang Kusdiyanto adalah salah satu Nakes yang memiliki kreasi senam Jaran Kepang ini untuk menghibur pasien Covid-19 selama isolasi di Puskesmas Puri. Dia mendapat ide menciptakan kreasi itu agar pasien Covid-19 tidak stres dan mengupayakan mereka selalu berpikir positif.

"Saya dan rekan sesama Nakes berupaya  membuat pasien senang dan tidak stres dengan mengajak senam sambil joget kemudian dipakai di Puri ternyata kesembuhan hampir 90 persen," tandasnya. (don/ Mohammad Romadoni).

Kumpulan berita Mojokerto terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved