Breaking News:

Berita Surabaya

DPRD Surabaya Bakal Atur Tata Kelola Apartemen di Surabaya, Antisipasi Praktik Nakal Pengembang

Praktik pengenaan service charge seenaknya oleh pengembang kepada penghuni di hunian vertikal di Surabaya sudah saatnya dihentikan 

Penulis: Nuraini Faiq | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.COM/YUSRON NAUFAL PUTRA
Josiah Michael saat ditemui pada Kamis (3/9/2020). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Nuraini Faiq

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Praktik pengenaan service charge seenaknya oleh pengembang kepada penghuni di hunian vertikal di Surabaya sudah saatnya dihentikan. 

DPRD Kota Surabaya segera mengatur tata kelola hunian vertikal atau apartemen yang makin menjamur di Surabaya

Termasuk hunian vertikal yang menyatu dengan mal. Sudah banyak apartemen yang lokasinya jadi satu dengan pusat perbelanjaan. 

Namun hampir semua penghuni apartemen di Surabaya saat ini mengeluhkan biaya service yang dikenakan pengembang. 

Baik itu biaya air, listrik, atau biaya  service charge, mulai dari maintanace gedung, kebersihan keamanan, dan biaya lainnya. Penghuni tidak bisa berbuat banyak atas keputusan "pengembang". 

Memang setiap apartemen ada P3SRS (Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun). Mereka sebenarnya bisa menentukan tarif service dan charge yang sesuai. Bukan sesuai besaran pengembang. 

"Namun keberadaan P3SRS selama ini dikuasai oleh pengembang sehingga yang terjadi adalah masyarakat atau penghuni dirugikan. Banyak yang mengeluh tingginya beban charge penghuni apartemen," kata Josiah Michael, Ketua Badan Pembentukan Perda (BPP) DPRD Surabaya, Minggu (1/8/2021).

Developer seringkali menguasai P3SRS dengan dalih mereka masih menguasai unit-unit yang belum terjual. Dalam perda ini nanti diatur, pemilik atau penghuni one man one vote.

Bukan berdasarkan jumlah kepemilikan dan itu harus d buktikan dengan KTP berdomisili di unit sesuai lokasi untuk hunian dan NIB dilokasi tersebut untuk tempat usaha.

Baca juga: Warga Bentangkan Ucapan Terima Kasih atas Serbuan Vaksinasi Covid-19 di Pulau Bawean Gresik

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved