Breaking News:

Berita Jatim

Usulkan Pembentukan Isoter di Tiap Desa, Fraksi PDIP DPRD Jatim Tekankan Pentingnya Sosialisasi

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno mengusulkan agar membentuk pusat isolasi terpadu dan terpusat (isoter) di masing-masing

Penulis: Yusron Naufal Putra | Editor: Januar
TRIBUNJATIM.COM/ERWIN WICAKSONO
Politisi PDIP Provinsi Jawa Timur, Sri Untari Bisowarno 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim, Sri Untari Bisowarno mengusulkan agar membentuk pusat isolasi terpadu dan terpusat (isoter) di masing-masing desa atau kelurahan. 

Jika usulan tersebut dijalankan, Untari tetap berharap agar sosialisasi secara massif dilakukan kepada warga. Sosialisasi itu bisa melalui tokoh masyarakat setempat. 

"Nanti bisa ada rembuk warga, bahwa Covid-19 bukan penyakit yang harus dijauhi oleh masyarakat. Yang kena Covid-19 harus dibantu, bukan dijauhi," ucap Untari, dikutip Senin (2/7/2021). 

Untari menyebut, itu penting untuk dilakukan agar tidak ada lagi fenomena masyarakat melakukan penolakan terhadap keberadaan pusat isolasi ataupun memberikan stigma negatif kepada warga yang terinfeksi Covid-19.

Pelaksanaan isolasi terpadu itu dapat memberikan ketenangan secara psikologis bagi pasien Covid-19. Pasalnya, pasien lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan terdekatnya.

Pemberian dukungan secara moril dari masyarakat, dinilai juga memiliki kontribusi cukup besar. Sehingga, diharapkan dapat mempercepat pemulihan warga terinfeksi Covid-19.

“Kita kampanyekan, melalui psikis yang sehat dan mental yang kuat, maka akan memperkuat dan menjaga imun kita untuk lebih fit,” ungkap Untari yang juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu. 

Untari melanjutkan, pihaknya meyakini program penguatan Kampung Tangguh di Jawa Timur dengan pembentukan pusat isolasi terpadu di tiap desa dan kelurahan bakal mampu menekan angka persebaran Covid-19. Apalagi, dengan gotong royong semua pihak. 

Baca juga: Tekan Kasus Covid-19, F-PDIP DPRD Jatim Usulkan Sebar Isoter di Tiap Desa

“Saya kira kalau itu dilakukan dengan cara mikro, bisa cepat memutus mata rantai Covid-19,” pungkasnya. 

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved