Breaking News:

Berita Gresik

Terdampak Pandemi Covid-19 Dapat BM DTP dan Berikat, Produsen Eksportir Sepeda Thrill Dimonitor

Bea Cukai Kabupaten Gresik Bea memberi subsidi bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BM DTP) dan fasilitas berikat kepada perusahaan selama pandemi Covid

Penulis: Sugiyono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sugiyono
Kepala Bea Cukai Gresik, Bier Budy Kismuljanto,melihat produksi sepeda yang diproduksi PT IBW. Ternyata, sepeda yang diproduksi di Gresik tersebut dipakai atlet dari Prancis dan Latvia dalam Olimpiade Tokyo 2020, Selasa (3/8/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK – Bea Cukai Kabupaten Gresik Bea memberi subsidi Bea Masuk Ditanggung Pemerintah (BM DTP) dan fasilitas berikat kepada perusahaan selama pandemi Covid-19. Hal ini untuk memudahkan perusahaan dalam ekspor dan impor, Selasa (3/8/2021).  

Kepala Bea Cukai Gresik, Bier Budy Kismuljanto, mengatakan, demi mempercepat proses administrasi kegiatan ekspor dan impor perusahaan di Gresik. Selain itu, demi mempercepat produksi perusahaan di saat pandemi covid-19.

Menurut Bier Budy, fasilitas BM DTP merupakan program Kementrian Keuangan dalam memberikan insentif bea masuk guna memacu daya saing industri. Terutama dalam impor bahan baku, perusahaan membutuhkan berikat.

“Di Gresik ada beberapa perusahaan yang mendapatkan fasilitas ini. Salah satunya PT IBW. Sehingga, dilakukan monitoring dengan program customs visite customer. Ini, kami diminta laporan pertanggung jawaban oleh Kementrian Perindustrian dan Kementrian Perdagangan mengenai laporan realisasinya,” kata Bier Budy, saat di PT Indonesia Bike Works (IBW), Desa Pasinan Lemah Putih, Kecamatan Wringinanom.  

Dari monitoring tersebut, ternyata PT IBM telah memproduksi sepeda BMX dan digunakan untuk Olimpiade Tokyo 2020. “Kami sangat bangga fasilitas yang diberikan oleh negara melalui Bea Cukai bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh PT IBW. Bahkan, kualitasnya produknya yang bagus membuat perusahaan ini bisa mengharumkan nama Indonesia dikancah dunia. Sebab, sepedanya dipakai atlet dari Prancis dan Latvia dalam Olimpiade Tokyo 2020,” imbuhnya.

Plant Manager PT IBW, Yudi Busono, mengatakan, saat awal Pandemi Covid -19 permintaan sepedan mengalami kenaikan. Sebab, banyak orang yang mulai sadar pentingnya olah raga. Namun, saat varian Delta mulai masuk ke Indonesia penjualan PT IBW mengalami penurunan.

Baca juga: Kasus Dugaan Penganiayaan di Ponpes Lumajang, Kiai: Santri Buta karena Virus Kornea Bukan Tamparan

Dari penurunan produksi tersebut, Yudi Busono, mengatakan sangat terbantu adanya program pemerintah berupa BM DTP dan gudang berikat, membuat perusahaa bisa menghemat biaya produksi hingga 30 persen.

“Program BM DTP dan berikat ini sangat membantu usaha kami akibat terdampak Pandemi covid-19. Untuk itu, kami sangat apresiasi Bea Cukai Gresik, sebab banyak memberikan dukungan melalui fasilitas yang dimiliki,” kata Yudi Busono. (ugy/Sugiyono).

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved