Breaking News:

Berita Nganjuk

Usulan Raperda RTRW Jadi Upaya Pemkab Nganjuk Tentukan Arah Pembangunan 20 Tahun ke Depan

Pemkab Nganjuk usulkan rancangan peraturan daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk tahun 2021-2042. Hal itu sebagai implementasi dari

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi memberikan arahan kepada jajaran Direksi PDAM Kabupaten Nganjuk saat melakukan inspeksi mendadak untuk mengetahui kualitas pelayanan pada masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Pemkab Nganjuk usulkan rancangan peraturan daerah (Raperda) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) untuk tahun 2021-2042. Hal itu sebagai implementasi dari peraturan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI.

Plt Bupati Nganjuk, Marhaen Djumadi mengatakan, dalam usulan Raperda RTRW tersebut sebagai penentuan peruntukan dan posisi dari wilayah di Kabupaten Nganjuk.

Dengan demikian dengan adanya Perda RTRW nantinya akan menjadi dasar dalam pengembangan dan pembangunan di Kabupaten Nganjuk.

"Jadi dalam Perda RTRW itu semuanya akan ditata posisi wilayah peruntukannya. Dengan demikian dalam pengembangan pembangunan di Kabupaten Nganjuk dalam 20 tahun kedepan harus mengacu pada peruntukannya sesuai Perda RTRW," kata Marhaen Djumadi usai rapat paripurna DPRD Nganjuk secara virtual, Selasa (3/8/2021).

Dijelaksan Marhaen Djumadi, diharapkan dengan adanya Perda RTRW terbaru yang telah disesuaikan dengan kondisi perkembangan Kabupaten Nganjuk kedepanya.

Sehingga pembangunan di wilayah Kabupaten Nganjuk tidak seenaknya asal membangun. Terutama dalam penataan wilayah untuk industri, pertanian, pemukiman, pariwisata, pusat bisnis, dan sebagainya.

"Untuk itulah, dalam usulan Raperda RTRW juga sebagai arah dalam pembangunan Kabupaten Nganjuk untuk 20 tahun kedepan tersebut kami betul-betul lakukan pengkajian dan perhitungan secara matang sesuai dengan kondisi terkini dan nantinya," ucap Marhaen Djumadi.

Memang, diakui Marhaen Djumadi, dalam usulan Raperda RTRW tersebut juga ada permintaan untuk memperhatikan faktor lingkungan.

Di mana harus tetap ada penataan wilayah sebagai lahan terbuka hijau yang penting untuk kelesterian alam dan lingkungan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved