Breaking News:

Berita Kota Kediri

Diperbolehkan dan Dinyatakan Aman, Pemkot Kediri Akan Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

Dosen Poltekkes Kemenkes Malang sebut vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil aman. Pemkot Kediri akan gelar vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Tenaga kesehatan puskesmas di Kota Kediri memberikan konseling kepada ibu hamil, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Susanti Pratamaningtyas, dosen Poltekkes Kemenkes Malang, Kampus IV Progam Studi (Prodi) Kebidanan Kediri menyebutkan, vaksinasi Covid-19 (virus Corona) untuk ibu hamil (bumil) adalah aman.

“Sesuai dengan SE Kemenkes No : HK.02.01/I/2007/2021 vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil sudah diperbolehkan dan dinyatakan aman, justru hal tersebut sangat disarankan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil,” ungkap Susanti yang juga berprofesi sebagai bidan, Rabu (4/8/2021).

Menurut Susanti, kehamilan dikategorikan sebagai komorbid ketika terpapar Covid-19.

“Ibu hamil ini sistem kekebalan tubuhnya rawan menurun, dengan divaksin hal tersebut bisa membantu terbentuknya sistem kekebalan tubuh untuk ibu hamil,” jelasnya.

Susanti yang juga Kepala Program Studi Kampus IV Kebidanan Kediri ini mengatakan, saat ini kasus kematian akibat Covid-19 pada ibu hamil perlu diwaspadai.

“Harapannya bisa menekan angka kematian ibu yang sedang hamil karena Covid-19,” tandasnya.

Mengenai kasus Kejadian Ikutan Pasca Imuniasasi (KIPI), Susanti menjelaskan, dari kebijakan yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan, hal tersebut tidak menjadi masalah.

“Saya rasa aman, apalagi untuk vaksin jenis Sinovac bisa diterima oleh ibu hamil dan KIPI yang ditimbulkan juga tidak berat. Selain itu, saran saya perbanyak konsumsi makanan bergizi bagi para ibu hamil untuk menjaga stamina tetap bagus sekalipun pasca mendapatkan vaksinasi,” jelasnya.

Sebagai informasi, vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil berdasarkan pengumuman yang diterbitkan oleh Dinas Kesehatan Kota Kediri mengacu pada Surat Edaran Kementerian Kesehatan, vaksinasi pada ibu hamil bisa diberikan kepada ibu hamil dengan usia kehamilan 14-33 Minggu.

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Kota Kediri Siap Gelar Vaksinasi Covid-19 untuk Ibu Hamil

“Meski telah divaksin, saya mewanti-wanti, tertib protokol kesehatan tetap menjadi hal yang wajib. Sebab itu merupakan salah satu bentuk benteng diri dari Covid-19 selain juga dibarengi dengan vaksinasi,” ungkapnya.

Pemkot Kediri mulai pekan depan telah mengagendakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil. Karena telah ada beberapa kasus ibu hamil positif Covid 19 yang meninggal di Kota Kediri.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved