Breaking News:

Berita Lumajang

Sebanyak 1000 Siswa SMA di Lumajang Terima Vaksin Hari ini, DIbagi 2 Kloter

Kabupaten Lumajang memulai Vaksinasi pelajar, menyasar 1000 dosis. Agar tidak menimbulkan kerumunan, pelaksanaan vaksinasi digelar menjadi dua kloter

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Samsul Arifin
tribun Jatim Network
Seorang siswa saat menerima suntikan Vaksin Sinovac dari tenaga medis di SMAN 2 Lumajang, Rabu (4/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Kabupaten Lumajang memulai vaksinasi Covid-19 untuk usia 12-17 tahun. Vaksinasi perdana itu digelar di SMAN 2 Lumajang.

Vaksinasi pelajar itu menyasar 1000 dosis. Agar tidak menimbulkan kerumunan, pelaksanaan vaksinasi digelar menjadi dua kloter. 

Kloter pertama dihelat pada hari ini Rabu (4/8/2021), untuk kloter kedua pada esok harinya.

Jaya Syahran, Humas SMAN 2 Lumajang mengatakan, vaksinasi perdana digelar di tempatnya karena mengacu aturan Gubernur Jawa Timur yang mewajibkan vaksinasi perdana menyasar 1000 siswa. Kedua, fasilitas di sana memenuhi standarisasi jarak sesuai protokol kesehatan.

"Akhirnya Dinas Kesehatan Lumajang menunjuk SMAN 2," kata Jaya.

Baca juga: Cegah Pengibaran Bendera Putih, Polisi di Lumajang Bagi-bagi Bantuan pada Warga

Sedangkan dalam pelaksanaan vaksin dibagi menjadi empat tahap di Aula Gedung SMAN 2 Lumajang. Pertama siswa mengisi form registrasi pendaftaran, sekaligus wawancara skrining riwayat kesehatan. Jika lolos, proses selanjutnya adalah penyuntikan vaksin. Jenis vaksin yang disuntikan adalah Sinovac.

Proses terakhir setelah siswa mendapat suntikan vaksin Sinovac, dilanjutkan observasi lanjutan selama 30 menit. Ini dilakukan untuk memantau siswa apakah mengalami efek samping atau tidak.

Jaya berharap, vaksinasi untuk pelajar ini merupakan langkah untuk memberikan kekebalan imunitas bagi para siswa maupun semua tenaga pendidikan di lingkungan sekolah. Lebih dari itu, vaksinasi juga diharapkan dapat mempercepat dimulainya kembali pembelajaran tatap muka (PTM).

Senada dengan hal itu, Jordan Akbar siswa kelas XI mengaku senang mendapat vaksinasi Covid-19. Suntikan vaksin, baginya, tidak berdampak negatif ke tubuhnya. Dengan itu dia berharap seluruh siswa dapat mensukseskan program vaksinasi sehingga PTM dapat kembali digelar.

"Semoga setelah ini virus corona bisa segera berlalu, semua berjalan normal termasuk kegiatan belajar mengajar," pungkasnya.

Baca juga: Kabupaten Probolinggo Kejar Target Vaksinasi Remaja, 103 Ribu Anak Dapat Jatah Vaksin

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved