Breaking News:

Syarat Vaksinasi Covid-19 Ibu Hamil, Dosis Ke-1 Diberikan Pada Trimester Kedua Kehamilan

Jaga ibu dan bayi dari paparan virus Corona dengan vaksinasi Covid-19. Berikut syarat agar bisa menerima dosis satu dan dua.

Editor: Hefty Suud
Pixabay
Ilustrasi - Vaksin Covid-19 untuk ibu hamil. 

TRIBUNJATIM.COM - Kementerian Kesehatan memastikan akan segera memberikan vaksin virus Corona ( Covid-19 ) kepada ibu hamil.

Hal itu dilakukan untuk menjaga ibu hamil dan bayinya dari paparan virus Corona.
Pasalnya, Ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar.

Upaya pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil ini juga telah direkomendasikan oleh Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI).

Hal tersebut tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuain Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Surat Edaran ini dimaksudkan untuk meningkatkan dukungan dan kerja sama pemerintah daerah, fasilitas pelayanan kesehatan, masyarakat, dan para pemangku kepentingan terkait dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19

Termasuk pelaksanaan skrining/penapisan, baik bagi sasaran ibu hamil, anak usia 12-17 tahun, maupun sasaran lainnya.

Baca juga: Dari 7500 Ibu Hamil di Tulungagung, 2700 di Antaranya Disiapkan Terima Suntikan Vaksin Covid-19

Dalam SE tersebut dijelaskan bahwa mulai tanggal 2 Agustus 2021, dapat dimulai pemberian vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dengan prioritas pada daerah risiko tinggi.

Adapun vaksin yang dapat digunakan untuk ibu hamil adalah vaksin Covid-19 platform mRNA Pfizer dan Moderna, dan vaksin platform inactivated Sinovac, sesuai ketersediaan.

Pemberian dosis ke­-1 vaksinasi Covid-19 tersebut dimulai pada trimester kedua kehamilan, dan untuk pemberian dosis ke-2 dilakukan sesuai dengan interval dari jenis vaksin.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved