Breaking News:

Berita Kota Blitar

Hasil Pemutakhiran Data Berkelanjutan Juli 2021, Jumlah Pemilih di Kota Blitar Bertambah 450 Orang

Hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada Juli 2021, jumlah pemilih di Kota Blitar bertambah 450 orang.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Rapat pleno pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Kantor KPU Kota Blitar, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Komisi Pemilihan Umum atau KPU Kota Blitar melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di luar tahapan Pemilu. 

Hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan pada Juli 2021 terdapat 115.340 pemilih di Kota Blitar. 

Jumlah pemilih dari hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan itu bertambah 450 pemilih jika dibandingkan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Pilwali Kota Blitar 2020.

Jumlah DPT di Pilwali Kota Blitar 2020 sebanyak 114.890 pemilih.

"Kami telah selesai melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Juli 2021. Hasilnya, terdapat penambahan jumlah pemilih jika dibandingkan jumlah DPT di Pilwali 2020," kata Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM, Rangga Bisma Aditya, Jumat (6/8/2021). 

Rangga mengatakan, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini sesuai amanah UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu dan Surat KPU RI nomor 366 tentang Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Luar Tahapan Pemilu. 

Dikatakannya, dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, KPU Kota Blitar mendapatkan 200 pemilih baru yang terdiri atas pemilih pemula, pemilih pindahan, dan purnawirawan TNI/Polri.

KPU juga mencoret sebanyak 169 pemilih yang tidak memenuhi syarat di DPT. 

Baca juga: Dindik Kota Blitar Kembali Berikan Bantuan Kuota Internet pada Siswa Gunakan Dana BOS

Sejumlah pemilih tidak memenuhi syarat itu terdiri atas pemilih meninggal dunia, pemilih pindah ke luar kota, dan pemilih yang masuk anggota TNI/Polri.

"Pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini akan kami lanjutkan lagi di Agustus 2021. Untuk itu, kami meminta masyarakat proaktif terhadap progres pemutakhiran data pemilih berkelanjutan," ujarnya. 

Rangga meminta masyarakat proaktif dengan melaporkan dan berkonsultasi terkait data pemilih ke Posko Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di Kantor KPU Kota Blitar

Terutama bagi pemilih baru yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, tapi belum terdaftar di DPT/DPB terakhir. 

"Masyarakat juga bisa melapor kalau ada perubahan atau perbaikan elemen data pemilih dan pencoretan data pemilih yang tidak memenuhi syarat dalam DPT/DPB terakhir," katanya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved