Breaking News:

Berita Jember

Pelacakan Kasus Covid-19, Pemkab Jember Sediakan Layanan Tes Swab Antigen Gratis, Ini Lokasinya!

Untuk pelacakan kasus, Pemkab Jember sediakan layanan tes swab antigen Covid-19 secara gratis, ini lokasinya! Tersebar di berbagai tempat.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
TribunJatim.com/Galih Lintartika
Ilustrasi tes swab antigen - Pelacakan Kasus Covid-19, Pemkab Jember Sediakan Layanan Tes Swab Antigen Gratis, Ini Lokasinya! 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten Jember menyediakan layanan tes swab antigen bagi masyarakat Jember secara gratis.

Layanan tes swab antigen dilakukan di 52 tempat di fasilitas kesehatan milik Pemkab Jember.

Ke-52 tempat itu yakni 50 puskesmas se-Kabupaten Jember, Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), dan Poli Pemkab Jember.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengajak masyarakat Jember memanfaatkan pelayanan tersebut, terutama warga yang terindikasi bergejala Covid-19 (virus Corona).

"Ayo warga Jember, memanfaatkan layanan ini. Terutama bagi warga yang bergejala," ujar Bupati Hendy, Jumat (6/8/2021).

Layanan tes tersebut diberikan dalam rangka pelacakan kasus. Jika mereka yang bergejala mendapatkan hasil tes positif, maka petugas selanjutnya melakukan pelacakan. Warga yang terindikasi terpapar virus Corona, juga bisa mendapatkan pengobatan lebih lanjut, dan perawatan.

Meskipun memberikan layanan tes swab antigen gratis, petugas kesehatan tidak memberikan surat keterangan hasil tes. Karena tujuan dari tes swab antigen itu bukan untuk dokumen perjalanan, namun lebih untuk pelacakan kasus.

"Karena ini fungsinya untuk tracing, bukan untuk dokumen syarat perjalanan," lanjut Bupati Hendy.

Baca juga: Penebar Teror Wafer Berisi Paku, Beling dan Patahan Cutter di Jember Ditangkap, Sebut Tolak Balak

Untuk mengetahui hasil tes, warga bisa menunggu hingga hasil tes keluar. Warga bisa bertanya kepada petugas apakah hasilnya negatif atau positif.

Langkah tersebut merupakan salah satu upaya Pemkab Jember menghentikan mata rantai penyebaran Covid-19.

Selain memberikan layanan tes swab antigen gratis, Pemkab Jember juga menyediakan layanan isolasi terpusat bagi warga yang mengalami gejala ringan dan membutuhkan tempat isolasi. Tempat isolasi juga dilengkapi dengan pendampingan tenaga kesehatan.

Isolasi terpadu ada di Hotel Kebonagung Jember. Sampai 5 Agustus 2021, ada 51 orang yang sedang menjalani isolasi terpusat di Hotel Kebonagung.

Sementara itu, data terkonfirmasi positif Covid-19 hingga 5 Agustus mencapai 12.720 orang, kasus sembuh mencapai 9.307 orang, dan meninggal dunia mencapai 1.050 orang. Kasus aktif mencapai 2.363 (18,58 persen).

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved