Breaking News:

Berita Kota Batu

Perumdam Among Tirto Pasang 750 Sambungan Air Bersih ke Warga Kota Batu Berpenghasilan Rendah

Perumdam Among Tirto pasang 750 sambungan air bersih ke warga Kota Batu yang termasuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Perumdam Among Tirto
Petugas memeriksa perlengkapan pemasangan pipa air bersih yang akan disalurkan ke rumah-rumah warga berpengahasilan rendah di Kota Batu, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Among Tirto akan memasang 750 sambungan air bersih untuk kategori rumah tangga (RT) 1.

Kategori ini diperuntukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang ada di 11 desa atau kelurahan di Kota Batu. Pemasangan direncanakan berlangsung pada Agustus 2021 ini.

Direktur Perumdam Among Tirto, Edi Sunaedi mengatakan, program tersebut merupakan salah satu program prioritas sektor pelayanan publik yang mempunyai kaitan erat dengan pengentasan kemiskinan.

"Penerima pun sangat terbantu dengan adanya program MBR dari Kementerian PUPR karena mereka cukup mengeluarkan biaya Rp 550 ribu untuk pemasangan. Berbanding jauh dengan harga normal mencapai Rp 1,5 juta," jelas Sokeh sapaan akrab Edi, Jumat (6/8/2021).

Dari 11 daerah tersebut, paling banyak berada di Desa Sumberejo. Perumdam Among Tirto akan memasang 223 sambungan rumah (SR), lalu Kelurahan Ngaglik 114 SR, Kelurahan Sisir 90 SR, Kelurahan Temas 83 SR, Desa Oro-oro Ombo 82 SR, sementara tempat lainnya kisaran 30-40 SR.

“Bila dihitung sudah 40 persen terpasang. Setiap hari petugas melakukan pengerjaan di rumah-rumah warga yang sudah terdata atau terverifikasi,” imbuhnya.

Kriteria penerima, salah satunya yakni daya listrik terpasang pada rumah tangga sebesar 1.300 VA dan/atau tidak memiliki sambungan listrik, memenuhi persyaratan sebagai pelanggan PDAM, membayar biaya pemasangan SR sesuai dengan yang ditetapkan dengan ketentuan.

Baca juga: Omzet Penjualan Bendera di Masa Pandemi Covid-19 di Kota Batu Turun hingga 50 Persen: Semakin Lesu

“Paling penting belum pernah menjadi penerima manfaat program sejenis contoh program Pamsimas, program hibah air minum pedesaan, dan program lainnya,” terangnya.

Sokeh mengatakan, program tersebut bisa dimaksimalkan untuk memberikan kemudahan dan keringanan bagi masyarakat karena kebutuhan air adalah kebutuhan dasar kehidupan. Dia menilai kondisi prasarana air bersih bisa memberikan pengaruh besar pada kesehatan keluarga dan lingkungan.

“Selain bertujuan memeratakan pelayanan air bersih, kami bisa dimudahkan bila sewaktu-waktu ada pelanggan baru karena jaringan air sudah tertata,” ucapnya.

Perumdam Among Tirto juga akan memasang 750 SR pada tahun 2022. Pemasangan tahun depan diprioritaskan ke daerah yang sulit terjangkau air bersih. Perumdam Among Tirto akan mendata calon penerima pada September tahun ini.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved