Breaking News:

Berita Banyuwangi

Banyuwangi Kian Masifkan Vaksinasi Covid-19, Wakil Bupati Sugirah: Siap Kerja Gotong Royong

Banyuwangi terus memasifkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, Wakil Bupati Sugirah: Siap kerja gotong royong.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banyuwangi, menggelar vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum, Jumat (6/8/2021).  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Satgas Covid-19 Kabupaten Banyuwangi terus memasifkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 (virus Corona).

Banyak pihak "keroyokan" memasifkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada warga Banyuwangi.

Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah mengatakan, pelaksanaan vaksinasi selain dilakukan di 45 puskesmas se-Banyuwangi, juga sinergis melibatkan TNI/Polri beserta pihak-pihak lainnya. 

"Semua jajaran TNI/Polri maupun fasilitas kesehatan lainnya siap kerja gotong royong untuk pelaksanaan vaksinasi, seperti yang dilakukan di Lanal. Ini untuk percepatan agar cakupan vaksinasi pada masyarakat Banyuwangi kian luas. Terima kasih atas dukungan luar biasa dari Danlanal, juga Kapolresta dan Dandim yang juga telah menggelar serbuan vaksinasi ini," kata Sugirah, Jumat (6/8/2021). 

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, per tanggal 5 Agustus 2021 tercatat ada 465.194 warga Banywuangi yang telah menerima vaksin Covid-19 dosis satu, dan ini terus berlanjut. Termasuk pelaksanaan untuk dosis dua akan terus dikebut.

Sugirah mengaku pemkab terus memantau pelaksanaan vaksinasi. Baik yang dilakukan oleh fasilitas kesehatan yang di bawah lingkup Pemkab Banyuwangi, maupun pihak lain yang turut bergotong royong melakukan percepatan vaksinasi di Banyuwangi.  

"Selain di Lanal, Makodim dan Polresta juga telah menggelar vaksinasi untuk masyarakat. Juga rumah sakit swasta lainnya. Kami sangat mengapresiasi kerja sinergis ini untuk segera mewujudkan herd immunity (kekebalan kelompok)," tambahnya. 

Pelaksanaan vaksinasi di Lanal kemarin, disediakan 850 vaksin, yang terdiri dari 400 vaksin untuk dosis satu, 300 vaksin dosis dua dan 150 vaksin bagi pendaftar on the spot (di tempat).

Baca juga: 124.000 Pelaku Usaha Mikro Banyuwangi Terima BPUM, Bupati Ipuk: Program Ini Terasa Dampaknya

Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Eros Wasis menjelaskan, ini adalah pelaksanaan kali keempat dalam program serbuan vaksinasi yang dilaksanakan oleh pihaknya. Kegiatan serbuan vaksinasi ini dimulai jam 07.00 hingga siang hari.

“Dalam pelaksanaannya kami koordinasi dengan camat, kepala desa, dan lurah di sekitar pelabuhan untuk mendata masyarakat yang belum divaksin. Tenaga medis yang terlibat dalam serbuan vaksinasi ini terdiri dari 10 orang dari Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Banyuwangi, sebanyak 1 tim dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 1 orang dari Dinas Kesehatan dan 3 orang dari BP Lanal,” jelas Danlanal.

Ditambahkannya, Lanal Banyuwangi juga menyediakan layanan pengisian tabung oksigen gratis selama 24 jam bagi orang yang benar-benar membutuhkan atau sakit.

“Kebutuhan oksigen di kalangan masyarakat sekarang kan meningkat selama pandemi. Kami dibantu PT Samator juga memberikan layanan pengisian tabung oksigen gratis,” pungkas Danlanal.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved