Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Informasi Seputar Vaksinasi Covid-19 untuk Anak serta Pertimbangan Penting Pemberian Vaksin

Informasi seputar vaksin untuk anak dalam menghalau Covid-19 serta berbagai pertimbangan penting pemberian vaksin Covid-19 untuk anak.

Editor: Dwi Prastika
Shutterstock By aslysun
Informasi seputar vaksin untuk anak dalam menghalau Covid-19 (virus Corona). 

TRIBUNJATIM.COM - Pandemi Covid-19 (virus Corona) membuat kita semua semakin waspada, terutama bagi orang tua yang memiliki anak. Anak-anak termasuk ke dalam kelompok orang yang mudah terinfeksi dan harus menjaga diri sebaik mungkin. Pengadaan vaksin Covid-19 untuk anak juga terus diusahakan dan diharapkan bisa membantu memberi perlindungan agar anak bisa kembali bebas beraktivitas.

Bagaimanapun juga Covid-19 telah menghalangi anak melakukan hal-hal yang seharusnya mereka lakukan. Anak-anak jadi tidak bisa bersekolah dan bermain seperti biasa. Aktivitas anak jadi terbatas yang artinya bisa menghambat perkembangan mereka. Kini semua orang tua berharap pengadaan vaksin Covid-19 bisa segera dilakukan, khususnya untuk anak-anak.

Tentang Pengadaan Vaksin Covid-19 untuk Anak

Saat ini kita tahu bahwa pemerataan vaksin Covid-19 tengah dilakukan. Sudah ada banyak kelompok masyarakat yang mendapatkan vaksin, seperti lansia juga tenaga kesehatan dan pengajar. Namun, vaksin yang dikhususkan bagi anak hingga saat ini belum terdengar kabarnya. Muncul pertanyaan, apakah memang vaksin Covid-19 bagi anak akan segera didistribusikan?

Informasi vaksin Covid-19 untuk anak tampaknya hingga saat ini belum bisa diberikan secara jelas. Beberapa perusahaan yang juga memproduksi vaksin untuk dewasa telah melakukan penelitian efektivitas vaksin kepada anak. Namun, uji coba belum bisa dianggap efektif sehingga distribusi vaksin anak belum dapat dilakukan secara luas.

Hingga detik ini belum ada kabar pasti apakah vaksin Covid-19 untuk anak bisa tersedia dalam waktu dekat. Terdengar kabar bahwa vaksin bagi anak-anak tengah dikembangkan dan baru bisa didistribusikan satu tahun ke depan. Sembari menunggu datangnya vaksin untuk anak, orang tua diharapkan bisa bekerja sama mengajari anak untuk menerapkan protokol kesehatan.

Mengenal Risiko Infeksi Covid-19 pada Anak

Seperti kita tahu bahwa anak-anak memiliki sistem imun yang mungkin tidak sekuat orang dewasa. Hanya saja dalam kasus Covid-19 ini disebutkan bahwa anak-anak memiliki risiko terinfeksi yang jauh lebih rendah daripada orang dewasa. Artinya, orang dewasa jauh lebih mudah terinfeksi virus. Hal ini ditunjukkan dengan lebih banyak jumlah pasien dewasa yang mengalami infeksi.

Selain itu anak-anak juga memiliki risiko komplikasi yang lebih ringan saat terinfeksi Covid-19. Orang dewasa, terutama mereka yang menderita penyakit penyerta akan lebih mudah mengalami komplikasi. Namun ini bukan berarti anak-anak tidak bisa tertular atau tidak akan mengalami komplikasi sama sekali. Orang tua tetap harus waspada dan membimbing anak menerapkan protokol kesehatan.

Risiko Covid-19 pada anak yang tergolong rendah ini menjadi salah satu penyebab mengapa vaksin untuk orang dewasa disebarluaskan terlebih dahulu. Berikutnya akan dilakukan pengujian lebih lanjut agar anak-anak juga bisa mendapat vaksin. Untuk sekarang, tenaga kesehatan hanya menyarankan anak-anak tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai bimbingan dari orang tua.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved