Breaking News:

Telat Vaksinasi Covid-19 Dosis 2 Pengaruhi Efektivitas Vaksin? Begini Kata Kementrian Kesehatan RI

Terlambat vaksinasi Covid-19 dosis 2 mengurangi efektivitas vaksin? Begini penjelasan Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi.

Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Ahmad Faisol
Devita Ariani, warga Kelurahan Kemayoran mendapatkan vaksin dalam gelar Serbuan Vaksinasi gratis di halaman Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (25/6/2021) 

TRIBUNJATIM.COM - Tidak tersediaannya vaksin virus Corona ( Covid-19 ) menyebabkan proses vaksinasi di beberapa daerah terlambat.

Hal itu salah satunya terjadi di Jawa Timur.

Lantas bagaimana jika orang yang telah melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama, namun terlambat memperoleh vaksin dosis kedua?

Berikut ini penjelasan mengenai keterlambatan melaksanakan vaksin dosis ke-2, beserta efek samping setelah vaksinasi Covid-19.

Vaksinasi adalah pemberian vaksin dalam rangka menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga apabila suatu saat terpapar penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan dan tidak menjadi sumber penularan.

Vaksinasi Covid-19 Massal di Graha Unesa, Jalan Citra Raya Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya, Selasa (3/8/2021).
Vaksinasi Covid-19 Massal di Graha Unesa, Jalan Citra Raya Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya, Selasa (3/8/2021). (TribunJatim.com/Zainal Arif)

Berdasarkan rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan para ahli, dibutuhkan penyuntikan dua dosis vaksin Covid-19 bagi setiap individu, untuk menciptakan kekebalan tubuh yang optimal.

Selain itu, rentang waktu penyuntikan dosis pertama dan dosis kedua, serta dosis pemberian vaksin berbeda-beda, sesuai dengan rekomendasi untuk setiap jenis vaksin yang digunakan.

Diketahui, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan laju vaksinasi Covid-19 yang saat ini berada di angka 1 juta-1,25 juta setiap harinya.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi di Stadion Gajayana, Khofifah Ingatkan Kunci Sukses Percepatan Program Vaksin

Namun, tidak menutup kemungkinan terjadi keterlambatan dalam pelaksanaan vaksinasi. Termasuk untuk penyuntikan dosis kedua yang saat ini sedang terjadi di beberapa daerah.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved