Breaking News:

Berita Kabupaten Pasuruan

Akui Ada Kesalahan Saat Penerbitan SKCK Lama Cakades di Pasuruan, Polisi Keluarkan SKCK Baru

Akui terjadi kesalahan saat penerbitan SKCK lama Misyanto, cakades di Pasuruan, polisi keluarkan SKCK baru.

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Polres Pasuruan mengakui ada kesalahan saat penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) milik Misyanto, salah satu calon kepala desa (cakades) di Kabupaten Pasuruan, Senin (9/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Polres Pasuruan mengakui ada kesalahan saat penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) milik Misyanto, salah satu calon kepala desa (cakades) di Kabupaten Pasuruan.

Plh Kasatintelkam Polres Pasuruan, Iptu Pujiyono mengakui kesalahan itu ada di saat proses penerbitan SKCK di Polres Pasuruan.

Ia menyampaikan, Misyanto, saat permohonan pengajuan SKCK sudah memberikan keterangan bahwa pernah dipenjara atau dipidana dalam surat permohonan itu.

"Kemarin sudah kami konfrontir. Yang bersangkutan (Misyanto) sudah kami mintai keterangan, dan hasilnya memang dia mengakui pernah dipidana," katanya, Senin (9/8/2021).

Dia menjelaskan, saat mengajukan permohonan SKCK itu, Misyanto sudah mengisi formulir, termasuk melampirkan surat keterangan dari lapas.

"Jadi, setelah dia mengisi, itu kan kami masukkan ke dalam komputer sebelum dicetak. Di situ, Pak Mis tidak membaca kalau berkasnya bertuliskan tidak pernah dipidana," urainya.

Menurut dia, Misyanto tidak mengecek isinya. Anggota juga mengira ada kekeliruan penulisan data bahwa Misyanto tidak pernah dipidana.

"Ada miskomunikasi. Setelah kami analisa, ternyata kesalahan ada di proses ngeprint-nya itu. Jadi anggota tidak ngecek, Pak Mis juga tidak ngecek," lanjutnya.

Menanggapi hal itu, ia mengaku sudah mencabut SKCK yang dikeluarkan untuk Misyanto. Ia sudah meminta Misyanto untuk membuat permohonan ulang.

Baca juga: Geger, Cakades di Pasuruan Dapatkan Surat Keterangan Tidak Pernah Dipidana Padahal Pernah Dipenjara

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved