Breaking News:

Perkuat Ekosistem Keuangan Syariah, BSI Gandeng Koperasi Simpan Pinjam Syariah Terbesar di RI

Dalam upaya memperkuat ekosistem keuangan syariah, BSI menggandeng koperasi simpan pinjam syariah terbesar di Indonesia.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Penandatanganan MoU kerja sama PT Bank Syariah Indonesia Tbk dan koperasi simpan pinjam syariah terbesar di Indonesia, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT-UGT Nusantara, Senin (9/8/2021). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) sebagai bank syariah terbesar di Indonesia melakukan kerja sama dengan koperasi simpan pinjam syariah terbesar di Indonesia, yaitu Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) BMT-UGT Nusantara, terkait pemanfaatan layanan jasa dan produk perbankan syariah.

Kerja sama ini juga terkait dengan pemanfaatan produk perbankan berdasarkan prinsip syariah.

Direktur Retail Banking Bank Syariah Indonesia, Kokok Alun Akbar mengatakan, penandatanganan Nota Kesepahaman antara BSI dengan KSPPS BMT-UGT Nusantara berbentuk kolaborasi jasa pelayanan perbankan syariah untuk membantu serta memudahkan transaksi perbankan, sehingga dapat mendukung ekosistem industri halal nasional.

“Dengan adanya kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan kolaborasi positif serta dapat meningkatkan perkembangan ekonomi syariah di Indonesia," terang Kokok Alun Akbar, Senin (9/8/2021).

"Apalagi BSI cashless society dan pembangunan ekosistem digitalisasi, khususnya di lingkungan pondok pesantren dan masyarakat sekitar lingkungan ponpes," lanjutnya.

BSI berharap bisa mendukung kegiatan usaha yang menjadi bagian dari ekosistem halal nasional serta bisa memberikan manfaat kepada KSPPS BMT-UGT Nusantara, sehingga tercipta hubungan yang berkelanjutan di masa mendatang.

Dikatakan pula oleh Kokok, penandatanganan kesepakatan bersama dengan KSPPS BMT-UGT Nusantara yang telah berdiri sejak tahun 2000 dan merupakan salah satu koperasi syariah terbesar di Indonesia ini turut melibatkan sejumlah ratusan cabang, yakni sebanyak 284 cabang.

Menurutnya, BMT-UGT Nusantara merupakan koperasi syariah terbesar di Indonesia dengan jumlah simpanan anggota saat ini Rp 1,4 triliun dan dikelola oleh 1.650 orang yang beranggotakan 702.000 anggota (termasuk calon anggota) yang sudah bergabung dan mendapatkan layanan.

Baca juga: Bank Mandiri Siap Hadapi Lonjakan Transaksi Digital Selama Pandemi Covid-19

Selain itu, KSPPS BMT-UGT Nusantara juga mempunyai berbagai jenis usaha seperti BMT (Baitul Maal Tamwil), jasa layanan transfer, PPOB, layanan haji dan umrah.

"Bahkan, KSPPS BMT-UGT Nusantara juga mempunyai jaringan mitra usaha di komunitas Sidogiri yang dihandle oleh Kopontren Sidogiri berupa toko busana muslim, percetakan, minimarket dan kantin santri," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KSPPS BMT-UGT Nusantara, Abdul Majid Umar menyebutkan, sinergi ini akan memberikan dukungan kepada seluruh anggota koperasi dan nasabah, dalam hal transaksi keuangan yang modern dalam cash management dan layanan keuangan.

“Semoga sinergi ini bisa memberikan dukungan dalam hal layanan-layanan keuangan yang dibutuhkan dan bisa membantu dalam menggali potensi KSPPS BMT-UGT Nusantara dan akan membantu KSPPS BMT-UGT Nusantara dalam pembangunan ekonomi syariah di lingkungan pesantren, sekaligus bisa membawa manfaat yang sangat luar biasa untuk perkembangan ekonomi syariah Indonesia,” ujar Abdul Majid.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved