Breaking News:

Berita Batu

Sebanyak 28 Tenaga Kesehatan di Batu Terima Dosis ketiga Vaksin Moderna

28 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Batu mendapatkan dosis ketiga vaksin Covid-19 dengan merk moderna

Penulis: Benni Indo | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari menerangkan, 28 tenaga kesehatan mendapatkan vaksin Moderna sebagai dosis ketiga. Dosis ketiga dimaksudkan untuk memperkuat imunitas tenaga kesehatan karena bersifat sifat asam ribonukleat (RNA) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah ribonucleic acid (RNA). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Sebanyak 28 tenaga kesehatan (Nakes) di Kota Batu mendapatkan dosis ketiga vaksin Covid-19 pada Senin (9/8/2021). Jika sebelumnya para Nakes mendapatkan vaksin Sinovac, kali ini mereka mendapatkan vaksin Moderna.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batu, drg Kartika Trisulandari menerangkan, Sinovac sifatnya terinaktivasi (inactivated) sedangkan Moderna memiliki sifat asam ribonukleat (RNA) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah ribonucleic acid (RNA).

“Sebelumnya inactivated, sedangkan yang sekarang ini RNA. Diharapkan antibodinya bisa didapatkan lebih sempurna,” ujar Kartika, Senin (9/8/2021).

Dosis ketiga diberikan kepada Nakes karena mereka berisiko tinggi terpapar Covid-19. Kota Batu mendapat jarah dua vial Moderna. Satu vial bisa digunakan untuk 14 orang sehingga total Nakes yang menerima vaksin ada 28.

Baca juga: Pemkot Batu dan Kejaksaan Negeri Kota Batu Imbau Pengembang Segera Serahkan PSU

Petugas harus berhati-hati memilih Nakes yang akan mendapatkan vaksin Moderna. Pasalnya, berdasarkan laporan, tingkat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dari Moderna cukup tinggi.

Dua bulan belakangan, banyak Nakes di Kota Batu yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sedangkan aturan mainnya, seseorang yang baru sembuh dari Covid-19 baru bisa mendapatkan vaksin pada tiga bulan setelahnya.

“Kami sedang identifikasi semuanya karena kalau baru terkonfirmasi baru bisa tiga bulan kemudian divaksin. Kebetulan dua bulan lalu memang cukup banyak Nakes yang terkonfirmasi, jadi harus diperhitungkan. Demikian juga untuk mengatur karena kami tahu Moderna dilaporkan KIPI-nya lebih tinggi,” terang Kartika.

Proses penyuntikan vaksin dosisi ketiga dilakukan di masing-masing tempat Nakes bekerja. Selain Nakes, tenaga pendukung lainnya seperti sopir ambulans dan petugas kebersihan di rumah sakit juga akan menerima dosis ketiga.

Data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu, per 9 Agustus 2021, jumlah cakupan vaksin kedua di Kota Batu mencapai 16.64 persen. Sedangkan dosis pertama sebanyak 25.20 persen. Satu bulan berlalu, Kota Batu masih berstatus zona merah.

Jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu sebanyak 2598 orang, ada tambahan 10 orang per 9 Agustus 2021. Sedangkan orang berstatus sembuh ada 2051, bertambah 19 orang per 9 Agustus 2021. Sementara jumlah orang meninggal dunia akibat Covid-19 ada sebanyak 208.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved