Breaking News:

Berita Surabaya

Mahasiswa Psikologi Unair Gagas Inovasi 'Sejati', Aplikasi Self-Care Tekan Risiko Depresi Remaja

Dukung kesehatan mental, lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) ciptakan aplikasi self-care berbasis Artificial Intelligence.

Penulis: Zainal Arif | Editor: Hefty Suud
Istimewa/TribunJatim.com
Tiga mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Nidya Almira Xavier Herda Putri, Elva Chusniyatuzzamrodah, dan Muhammad Fauzan Prawira Arya, Jumat (6/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Zainal Arif

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Berkembangnya stigma buruk tentang pemeriksaan kesehatan mental, kerap membuat seseorang enggan berkonsultasi dengan psikolog. 

Hal ini tentu dapat berdampak buruk terhadap tingginya angka depresi di Indonesia

Kondisi tersebut menginspirasi lima mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) untuk menciptakan aplikasi self-care berbasis Artificial Intelligence (AI).

Kelima mahasiswa tersebut adalah Nidya Almira Xavier Herda Putri, Muhammad Fauzan Prawira Arya dan Elva Chusniyatuzzamrodah, mahasiswa Fakultas Psikologi yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa-Karsa Cipta (PKM-KC) Universitas Airlangga

Melalui inovasi yang mengangkat judul proposal "Sejati: Aplikasi Self-Care berbasis Kecerdasan Buatan sebagai Upaya Penurunan Risiko Depresi bagi Remaja" ini.

Baca juga: Ramalan Zodiak Selasa, 10 Agustus 2021: Gemini Ingin Tampil Beda, Libra Tampaknya Mental Lagi Diuji

Mereka turut mendukung ketercapaian SDGs poin ke-3 yaitu Good Health dan Well-being yang bertujuan untuk mendukung kesejahteraan bagi semua usia.

Berlatar belakang dari jurusan yang sama, ketiganya mengaku memiliki ketertarikan di bidang psikologi, utamanya kesehatan mental yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan. 

"Isu kesehatan mental sedang banyak diperhatikan, sehingga mulai bermunculan akun media sosial yang membahas hal tersebut," jelas Nidya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved