Breaking News:

Berita Kota Batu

Puluhan Difabel di Kota Batu Mulai Terima Vaksin Covid-19, Dewanti: Berjalan Bagus dan Teratur

Puluhan difabel di Kota Batu mulai terima dosis vaksin Covid-19, Dewanti Rumpoko: Sudah berjalan sangat bagus dan teratur.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Seorang tenaga kesehatan menyuntikkan dosis vaksin Covid-19 Sinovac kepada difabel di Polres Batu, Selasa (10/8/2021). Pemkot Batu mulai memvaksin para difabel sebagai upaya membentuk kekebalan kelompok. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Warga Kota Batu yang difabel mulai mendapatkan jatah vaksin Covid-19 (virus Corona) dosis pertama.

Vaksin Covid-19 yang mereka terima adalah Sinovac. Para difabel mendapatkan layanan vaksin tersebut di halaman depan Mapolres Batu, Selasa (10/8/2021).

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko datang langsung menyaksikan proses vaksinasi Covid-19.

Dewanti didampingi Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo di lokasi.

Berdasarkan keterangan dari Dewanti, ada 85 orang difabel yang menerima jatah vaksin.

“Jumlahnya hampir 100 orang, tepatnya sekitar 85 orang yang sudah mendaftar untuk divaksin. Saya melihat sudah berjalan sangat bagus dan teratur. Semua sudah sesuai dengan yang direncanakan,” ujar Dewanti, Selasa (10/8/2021).

Dewanti mengatakan, jumlah tersebut belum menggambarkan secara keseluruhan jumlah difabel di Kota Batu. Akan ada program vaksinasi lagi kepada para difabel ke depannya. Selain itu, Pemkot Batu juga akan melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah.

“Ini memang belum semua disabilitas yang divaksin. Mudah-mudahan yang kedua bisa lebih banyak lagi ikut divaksin. Ke depannya kami berencana melakukan vaksinasi dari rumah ke rumah. Karena kami tahu beberapa difabel ini mobilitasnya terbatas,” paparnya.

Baca juga: Disinggung Menteri Luhut, Wali Kota Malang Sutiaji Beralasan Ada Keterlambatan Data Covid-19

Dewanti juga menjelaskan ada beberapa difabel belum bisa divaksin karena kondisi kesehatannya. Dewanti menyarankan agar keluarga pendamping tetap menjaga kesehatan agar bisa divaksin.

“Maka dari itu kami sarankan kepada setiap keluarga untuk bisa menjaga kesehatan sebaik mungkin agar tetap sehat,” terangnya.

Pemkot Batu mencatat ada 379 warganya yang difabel. Data tersebut didapat dari Dinas Sosial. Vaksinasi kepada difabel ini adalah bagian dari upaya membentuk herd immunity (kekebalan kelompok) sehingga kasus Covid-19 di Kota Batu bisa ditekan.

Per 10 Agustus 2021, tercatat secara akumulatif ada 2613 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batu. Ada tambahan 15 orang pada 10 Agustus 2021. Sedangkan jumlah yang sembuh ada sebanyak 2064 orang. Sementara jumlah kematian ada 209 orang.

Dewanti menegaskan, Kota Batu masih dalam status zona merah. Maka dari itu, masyarakat diminta untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan demi keselamatan bersama.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved