Breaking News:

Mal di 4 Kota Besar Sudah Boleh Buka, Diharap Mampu Menahan Pelemahan Ekonomi Kuartal III 2021

mall di empat Kota Besar di Indonesia diperbolehkan buka. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi berharap kuartal III tidak terlalu dalam turunnya.

Editor: Hefty Suud
Tribun Jatim Network/Sugiharto
Pengunjung melakukan scan barcode menggunkaan aplikasi PeduliLindungi yang terpasang di phonecell mereka di Pakuwon Mall Surabaya sebagai syarat masuk mall, Selasa (10/8/2021). 

TRIBUNJATIM.COM - PPKM Level 4 diperpanjang hingga 16 Agustus 2021, mall di empat Kota Besar di Indonesia diperbolehkan buka. Yakni di Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Semarang.

Menteri Perdagangan (Mendag)  Muhammad Lutfi berharap pembukaan pusat perbelanjaan atau mal saat PPKM Level 4, mampu menahan pelemahan ekonomi pada kuartal III 2021.

"Kemarin mal lima minggu berhenti, mudah-mudahan kuartal III tidak terlalu dalam turunnya. Mudah-mudahan kita akan tumbuh lagi di kuartal berikutnya," ujar Lutfi saat memantau protokol kesehatan di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (10/8/2021).

Menurutnya, penurunan ekonomi pada kuartal III 2021 merupakan hal yang logis, karena pusat perbelanjaan dalam satu bulan lebih dilarang beroperasi atau tutup.

"Kenapa kami mesti membuka secara disiplin, untuk memastikan perbaikan dan jalannya perekonomian ini akan terus berjalan," paparnya.

Baca juga: Pegawai Tenant Pakuwon Mall Surabaya Masuk Bawa Cetakan Bukti Vaksin: Ponsel Gak Bisa Baca Barcode

Ia menyebut, pemerintah akan terus melakukan evaluasi dari pelaksanaan uji coba mal beroperasi saat PPKM Level 4 sejak 10 Agustus 2021.

"Kami akan evaluasi lagi dan kami akan melihat, apakah SOP ini berhasil atau ada perlu perbaiki kami akan terus perbaiki sampai dapat yang efektif, memastikan mata rantai Covid-19 terputus," tuturnya.

Baca juga: Pusat Perbelanjaan Segera Buka, Pengelola Mal di Bandung Siap Lakukan Syarat-syarat Ini

Dia berharap seluruh pihak, baik pengelola mal maupun pengunjung selalu melaksanakan protokol kesehatan (prokes) yang telah ditetapkan ini secara ketat.

"Dengan terus menerapkan protokol kesehatan, risiko penularan Covid-19 di pusat perbelanjaan serta mal akan jauh berkurang, dan masyarakat dapat selalu beraktivitas dengan aman dan nyaman," katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mal Boleh Buka, Mendag Lutfi: Untuk Tahan Pelemahan Ekonomi di Kuartal III 2021

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved