Breaking News:

Berita Kesehatan

Pentingnya Berikan ASI Untuk Jaga Imunitas Balita, Selebgram di Surabaya Ini Rutin Bagikan Tips

Selebgram dari Surabaya rutin membagikan tips mengasuh anak dan pentingnya memberikan ASI

Editor: Samsul Arifin
TRIBUNJATIM.COM/MAYANG ESSA
Sherly Lembono, selebgram Surabaya yang mantap jadi seorang pejuang ASI. 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Influencer asal Surabaya, Sherly Lembono aktif memberikan tips bagi para ibu muda bagaimana mengasuh balita. Tips ini acap kali ia posting di sosial media instargramnya bernama @sherlylembono.

Ia selalu menggelorakan pentingnya memberikan air susu ibu (ASI) bagi anak balita supaya imunitas sang anak tidak mudah sakit. 

Perempuan pemilik Secret Boutique di Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya ini mengatakan, kalau anaknya yang juga punya Instagram @jasonmilesgamafu tidak pernah sakit-sakitan.

Rahasianya, selalu rutin memberikan ASI. Dari situlah ia tergerak memberikan santunan ASI ke beberapa panti asuhan di Surabaya.

"Percaya atau tidak tapi memang terbukti. Peran suami sangat besar, karena dulu bilang kalau bisa pakai ASI. Dulu awal-awal aku keluarkan ASI sedikit sekali hanya 10 sampai 20 mili. Tiga hari pertama sampai seminggu mungkin hanya sampai 40 mili," ujarnya, Rabu (11/8/2021).

"Tapi tetap rutin untuk pompa, nah kalau misal aku pompa maka suami bantu untuk jaga anak, cuci botol," dia menambahkan.

Lebih lanjut, jika anak sudah dalam fase Makanan Pendamping ASI (MPASI) atau sudah bisa diberikan makanan biasa, mama dari Jason Miles Gamafu ini menyarankan supaya dihindarkan dari yang mengandung gula. Ia mengaku suka masak dan buat kue.

Baca juga: Tips Melancarkan ASI ala Influencer Sherly Lembono

"Kalau anak kecil itu harus less sugar, jangan terlalu banyak gulanya. Untuk gula aku selalu pakai gula pasir yang halus, asli dan bukan buatan. Untuk telur aku pakai telur kampung. Untuk resep makanan untuk anak ku, aku selalu pakai gulanya, satu resep untuk satu gram," terang SherlyLembono

Influencer Sherly juga memberikan tips mendidik anak. Apabila anak sudah bisa diajak komunikasi, terlebih jika mulai memasuki usia sekolah. Sebisa mungkin dia mengajak Jason memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Kemudian juga bahasa Inggris atau bahas Mandarin.

"Tetapi tetap pilih sekolah sesuai dengan dana dan tentukan lokasi pendidikan sekolah, lingkungan, satu visi dan misi atau tidak dengan keinginan," katanya.

Tak lupa, selebgram kelahiran 14 Oktober 1994 itu mengingatkan pentingnya olahraga bagi para mama milenial. Apalagi biasanya orang sesudah hamil dan menyusui ingin sekali cepat kurus. Nah, hal yang dilakukan bukan diet ketat tapi harusa rajin olahraga pada pagi hari.

"Seperti jalan-jalan di kompleks, lari-lari kecil sampai setengah jam. Tapi, seiring berjalannya waktu dan usia anakku tambah besar, aku olahraganya di rumah tidak ke tempat fitnes karena juga masih musim COVID-19," ungkap dia.

Olahraga di rumah, sambung Sherly, bisa melakukan senam dengan 15 sampai 30 menit. Juga bisa jogging di rumah, shit up, lompat-lompat kecil. Kalau rutin dilakukan, badan bisa kurus tapi tidak bisa juga ekspres

"Jadi harus rutin olahraga dan jaga makan. Kurangin makan garam, gula dan tidak boleh manis serta yang berminyak. Lebih banyak konsumsi makanan yang berprotein, sayur dan buah," tutupnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved