Breaking News:

Permintaan Madu Klanceng Naik di Tengah Pandemi Covid-19, PT MBM Ajak Masyarakat untuk Budidaya

Permintaan madu klanceng meningkat di tengah pandemi Covid-19. PT Mahakarya Berkah Madani gandeng masyarakat untuk budidaya.

Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Christine Ayu Nurcahyanti
Warga RW 4 Perumahan ITS Purwadi Agus Darwito menunjukkan koloni lebah madu klanceng. 

TRIBUNJATIM.COM - Pernahkah Anda mendengar madu klanceng?

Madu klanceng adalah madu yang diperoleh dari lebah klanceng atau yang dalam bahasa latin disebut levicep Trigona ini diklaim memiliki sejumlah keunggulan.

Pimpinan Cabang Kabupaten Bekasi PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) Bangbang Alex mengatakan, madu klanceng kaya nutrisi, vitamin, mineral dan enzim yang sangat membantu memulihkan stamina serta perbaikan sel tubuh.

Tak hanya itu, madu klanceng juga diklaim memiliki fungsi sebagai anti bakteri,antibiotik dan anti peradangan, juga mampu mengurangi kolestrol LDL, hipertensi.

Terlebih, madu dari lebah klanceng Trigona ini sangat disarankan bagi para penderita diabetes mellitus atau kencing manis.

"Kandungan propolis dan bee pollen madu klanceng sangat tinggi, bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan terapi berbagai penyakit berat. Selain itu, madu klanceng dipercaya sebagai antioksidan kuat yang bisa melawan radikal bebas di dalam tubuh," ujar Bangbang, Selasa (10/8/2021).

Baca juga: Mitra dan Agen Budidaya Madu Klanceng Diminta Gugat Koperasi NMSI

Dia menjelaskan, Wagiyanto Angkasa Wijaya selaku pemilik dari perusahaan PT MBM yang bergerak di bidang budidaya ternak lebah klanceng ini awalnya merupakan peternak madu mandiri biasa.

Seiring berjalannya waktu, yang bersangkutan akhirnya membuat program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk masyarakat.

Madu Klanceng sendiri, kata Bangbang banyak dipergunakan oleh industri obat-obatan dan kosmetik.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved