Breaking News:

Berita Batu

Upaya Olah Sampah secara Mandiri, Pemkot Batu Berencana Bangun TPST 3R

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu bakal membangun Tempat Pembuangan Sementara Terpadu Reduce Reuse Recycle (TPST 3R) di Desa Junrejo dan Sidomuly

Penulis: Benni Indo | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/BENNI INDO
Truk sampah beroperasi di TPA Tlekung, Kota Batu. Pemkot Batu berupaya mengurangi asupan sampah ke TPA Tlekung dengan membangun TPS 3R di setiap desa serta kelurahan yang ada. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batu bakal membangun Tempat Pembuangan Sementara Terpadu Reduce Reuse Recycle (TPST 3R) di Desa Junrejo dan Sidomulyo pada tahun ini.

Kepala DLH Kota Batu, Aries Setiawan menerangkan, pembangunan TPST 3R itu agar pengolahan sampah secara mandiri dapat dilakukan sedini mungkin.

“Saat dengar pendapat dengan DPRD, saya sudah menjelaskan dan didukung,” kata Aries, Rabu (11/8/2021).

DLH menginginkan semua desa maupun kelurahan yang ada di Kota Batu memiliki TPST 3R. Dengan begitu, asupan sampah ke TPA Tlekung bisa dikendalikan dengan baik.

“Keberadaan TPST 3R mampu mengurangi volume sampah yang masuk ke TPA Tlekung hingga 20 persen,” kata Aries.

Ada lima desa yang belum memiliki TPST 3R di Kota Batu. Sedangkan yang lainnya, sudah memiliki. Ada 19 desa dan 5 kelurahan di Kota Batu.

Awalnya, DLH menargetkan bisa merampungkan pembangunan secara merata pada 2021, tapi karena banyak anggaran yang dialihkan, maka program terkendala.

“Pembangunan setiap titik kami anggarkan Rp 200 juta, dikhususkan untuk pembangunan fisik. Nanti untuk peralatan atau mesinnya, pemerintah desa atau kelurahan yang menganggarkan. Ini program sinergitas antara DLH dan pemerintah  di desa dan kelurahan,” katanya.

Aries menekankan bahwa penyelesaian pengurangan sampah tidak hanya melalui mesin. Tapi juga harus dimulai dari masyarakat, karena itu DLH bakal intens memberikan pendampingan-pendampingan agar bank sampah dan TPST 3R bisa beroperasi maksimal.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved