Breaking News:

Berita Jember

Vaksinasi Covid-19 di Jember Sasar Anak dan Difabel, Permintaan untuk Usia 12 Tahun Cukup Besar

Vaksinasi Covid-19 di Jember sasar kelompok anak dan difabel, permintaan vaksinasi untuk anak usia 12 tahun cukup besar.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Humas Universitas Jember
Vaksinasi Covid-19 terhadap anak usia 12 tahun ke atas, di UMC Universitas Jember, Rabu (11/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Gerakan vaksinasi Covid-19 (virus Corona) terus digelar di sejumlah tempat di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Vaksinasi Covid-19 dilakukan bertujuan untuk membentuk herd immunity (kekebalan kelompok).

Pekan ini, vaksinasi Covid-19 digelar di banyak tempat di Jember, antara lain 31 puskesmas di Jember, sejumlah klinik kesehatan, dan rumah sakit.

Berdasarkan data yang diterima TribunJatim.com, pekan ini ada sekitar 18 ribu dosis yang digelontorkan untuk gerakan vaksinasi tersebut. Belasan ribu dosis itu dibagi ke 45 fasilitas kesehatan yang menyediakan layanan vaksinasi.

Salah satu fasilitas kesehatan yang juga menggelar vaksinasi adalah UMC Universitas Jember (Unej). Klinik milik Unej itu melayani vaksinasi Covid-19 mulai dari anak usia 12 tahun.

Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Covid-19 Universitas Jember, dr Ulfa Elfiah mengatakan, pada vaksinasi Covid-19 kali ini Universitas Jember menyiapkan sebanyak 1.500 dosis vaksin Sinovac. Vaksinasi kali ini melayani peserta mulai dari usia 12 tahun ke atas.

“Permintaan vaksin untuk usia 12 tahun cukup besar. Karenanya kami berupaya untuk bisa melayani permintaan tersebut. Alhamdulillah kami kembali mendapatkan 1.500 dosis yang bisa digunakan bagi peserta mulai dari usia 12 tahun,” jelas Ulfa, Rabu (11/8/2021).

Sementara, Polres Jember melalui klinik kesehatannya juga menggelar vaksinasi. Setelah selama ini menggelar vaksinasi untuk kalangan lansia, juga warga nonlansia, Polres Jember menggelar vaksinasi untuk warga difabel.

Baca juga: Pelacakan Kasus Covid-19, Pemkab Jember Sediakan Layanan Tes Swab Antigen Gratis, Ini Lokasinya!

Kepala Seksi Humas Polres Jember, Iptu Brisan Imman Nulla mengatakan, kelompok difabel saat ini menjadi kelompok prioritas untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah.

"Kami terus melakukan akselerasi program vaksinasi dalam rangka menuju percepatan capaian herd immunity di Jember," ujarnya.

Vaksinasi untuk difabel sudah digelar, Selasa (10/8/2021). Ada 50 orang disabilitas yang mengikuti program tersebut.  

"Ada 50 orang berkebutuhan khusus yang ikut dalam program vaksinasi. Ada pendampingan untuk memudahkan pelayanan bagi kaum disabilitas. Termasuk kesiapan akses mobilitas transportasi antar jemput bagi penyandang disabilitas," tegasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved