Berita Kediri

Puluhan Tenaga Medis di Dinkes Kabupaten Kediri Ikuti Vaksinasi Tahap Ketiga Moderna

Puluhan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap ketiga Moderna

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Vaksinasi Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Kamis (12/8/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRUBUNJATIM.COM, KEDIRI - Puluhan tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri mengikuti vaksinasi Covid-19 tahap ketiga Moderna di Gedung Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri pada Kamis (12/8/2021).

Kegiatan vaksinasi tahap ketiga ini dianggap penting sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19.

Hal ini mengingat tenaga kesehatan menjadi garda terdepan dalam menangani pasien Covid-19.

Dalam kegiatan vaksinasi ini terdapat kriteria dan syarat yang harus dipenuhi tenaga kesehatan. Salah satunya adalah tenaga kesehatan yang sudah ikuti vaksinasi Covid-19 tahap kedua.

Baca juga: Sebanyak 70 Anak di Kediri Kehilangan Orang Tua Akibat Pandemi Covid-19

Selain itu jika tenaga kesehatan ini pernah terkonfirmasi positif Covid-19, maka penyuntikan vaksin baru bisa diberikan 3 bulan pasca positif virus Corona.

Kepala Seksi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri Agus Sulistyorini menyampaikan bahwa vaksinasi ini adalah gelombang kedua dari yang pertama dilaksanakan pada Senin (9/8/2021).

"Hari Senin diikuti sebanyak 29 orang dan hari ini Kamis (12/8/2021) ditargetkan diikuti 28 orang," ujarnya Kamis (12/8/2021).

Menurut Agus Sulistiyorini bahwa kegiatan vaksinasi tahap ketiga ini dilakukan secara bergelombang. Hal ini karena masih banyak ditemukan kejadian pasca imunisasi atau KIPI yang mengeluarkan gejala demam dan nyeri tenggorokan.

"Sehingga kami perlu melakukan penjadwalan ulang. Jadi ketika ada KIPI masih ada teman - teman lainnya yang mengbackup kerjanya," ungkap Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Untuk tahapan sebelum melakukan vaksinasi Covid-19 tahap ketiga hampir sama dengan vaksin sebelumnya. Namun ada tiga kriteria khusus yang harus dipenuhi bagi tenga kesehatan yang hendak ikuti vaksin.

"Yang pertama harus mendapatkan dosis satu dan dua. Kemudian berikutnya untuk jarak dosis kedua dengan ketiga adalah minimal 3 bulan. Ketiga bagi penyintas Covid-19 baru bisa dilaksanakan setelah 3 bulan dinyatakan sembuh dari Covid-19," tutur Sulistyorini sapaan akrabnya.

Diakui Agus Sulistyorini bahwa dari jumlah 141 jumlah tenaga kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, hanya ada 90 yang masuk kriteria ikuti vaksin tahap ketiga Moderna.

"Namun dari 90 orang ini masih belum bisa dimasukkan langsung ke sistem. Masih akan kita cek satu persatu," jelasnya.

Ia juga berharap dengan adanya vaksinasi  tahap ketiga ini diharapkan semakin menghindarkan dari risiko penularan Covid-19.

"Kita tahu nakes kita di Jawa Timur termasuk tertinggi dalam angka kematian tenaga kesehatan. Diharapkan dengan adanya vaksin ini tenaga kesehatan kita semakin terjaga dari risiko penularan Covid-19," pungkas Agus Sulistiyorini Kasi Surveilance dan Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved