Breaking News:

Berita Jember

Bupati dan DPRD Setujui Ranwal RPJMD Jember 2021-2026 dengan Sejumlah Catatan, Berikut Poin-poinnya!

Bupati Hendy Siswanto dan DPRD menyetujui Ranwal RPJMD Jember 2021-2026 dengan sejumlah catatan. Berikut poin-poinnya!

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Bupati Jember, Hendy Siswanto, dan Ketua DPRD Jember, M Itqon Syauqi usai menandatangani persetujuan Ranwal RPJMD Jember 2021-2026, Jumat (13/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - DPRD Jember menyetujui rancangan awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jember 2021-2026.

Persetujuan antara bupati dan DPRD Jember dilakukan dalam rapat paripurna di gedung DPRD Jember secara daring dan luring, Jumat (13/8/2021) sore.

Selanjutnya Ranwal RPJMD itu akan diserahkan ke gubernur Jawa Timur.

"Pekan depan Ranwal RPJMD ini akan kami serahkan ke gubernur Jatim untuk dikonsultasikan," ujar Bupati Jember, Hendy Siswanto, Sabtu (14/8/2021).

Ranwal RPJMD berisikan penjabaran visi, misi dan program kepala daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD kabupaten dan memperhatikan RPJMD provinsi serta RPJM nasional.

Meski menyetujui Ranwal RPJMD itu, Panitia khusus DPRD Jember memberikan sejumlah catatan. Catatan itu terbagi dalam tiga poin yakni:

Pertama, berkaitan dengan penjabaran visi misi dalam rancangan awal RPJMD, Panitia Khusus memberikan beberapa poin masukan substansi dari materi yang ada pada Buku Rancangan Awal RPJMD.

Saran di poin pertama ini, antara lain, melakukan perbaikan rancangan awal RPJMD dengan memasukkan data eksisting secara detail dengan menyampaikan persentase capaian sebagai dasar untuk mengidentifikasi permasalahan, strategi dan sasaran program yang akan dirumuskan. Kemudian, perhitungan kerangka pendanaan kapasitas riil daerah, harapannya lebih didorong untuk mengoptimalkan pada peningkatan PAD dan juga sumber pendanaan lain terutama dari optimalisasi kinerja badan usaha, permodalan dan kerja sama.

Lalu, melakukan perbaikan Ranwal RPJMD dengan memasukkan penjelasan secara detail strategi dan formula dalam mengoptimalkan PAD juga sumber pendanaan lain, terutama dari optimalisasi kinerja badan usaha, permodalan dan kerja sama daerah tentunya dengan menyesuaikan situasi dan kondisi di tengah pandemi Covid-19, serta juga memberikan penjelasan strategi dan formula efisiensi anggaran sebagai bagian dari upaya peningkatan kapasitas riil fiskal daerah.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Jember Sasar Anak dan Difabel, Permintaan untuk Usia 12 Tahun Cukup Besar

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved