Breaking News:

Berita Pemprov Jatim

Presiden Jokowi Lepas Ekspor Komoditas Pertanian Jatim Senilai Rp 1,3 Trilliun 

Presiden Joko Widodo melepas ekspor komoditas pertanian Jawa Timur di Terminal Peti Kemas Surabaya, secara virtual, Sabtu (14/8/2021). Komoditas perta

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Fatimatuz Zahroh
Presiden Joko Widodo melepas komoditas pertanian Jawa Timur dan 17 daerah lain untuk diekspor dalam program Merdeka Eskpor, secara virtual, di Terminal Peti Kemas, Sabtu (14/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Presiden Joko Widodo melepas ekspor komoditas pertanian Jawa Timur di Terminal Peti Kemas Surabaya, secara virtual, Sabtu (14/8/2021). Komoditas pertanian dari Jatim yang dilepas ekspor kali ini senilai Rp 1,3 trilliun. 

Secara virtual dari Istana Bogor Presiden Joko Widodo melepas pemberangkatan ekspor dalam program Merdeka Ekspor yang digagas oleh Kementerian Pertanian

Tak hanya melepas ekspor komoditas pertanian dari Jatim, pelepasan ekspor secara bersamaan juga dilakukan dari 17 daerah lain di Indonesia. Dengan total ekspor secara nasional dalam kesempatan ini senilai Rp 7,29 trilliun. Dengan total 61 negara tujuan. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta dan Pangdam V Brawijaya Mayjend TNI Suharyanto serta jajaran pengusaha eksportir dan pengusaha, mengikuti pelepasan ekspor secara virtual dari Terminal Peti Kemas Surabaya

Yang membanggakan, Jawa Timur kali ini merupakan provinsi penyumbang ekspor tertinggi. Dari total Rp 7,290 triliun, Provinsi Jawa Timur mengirimkan ekspor sebanyak Rp 1,3 triliun. 

Presiden Joko Widodo mengatakan sektor pertanian adalah sektor yang mampu bertahan baik di tengah hantaman pandemi covid-19. Ekspor pertanian di tahun 2020 naik sebesar 15,79 persen dibandingkan tahun 2019. 

Dan di semester pertama tahun 2021 ini, dari bulan Januari hingga bulan Juni 2021, ekspor pertanian Indonesia mencapai Rp 282,86 trilliun, atau naik 14 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

“Peningkatan ekspor pertanian ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani kita. Saya juga mendapatkan angka bahwa angka tukar petani kita terus membaik,” tegasnya.

“Ini kabar baik yang bisa memacu semangat petani kita agar terus bisa meningkatkan produktivitas di tengah pandemi,” tandasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved