Berita Tuban

Webinar Kebangsaan Bersama TNI-Polri, Al Uswah Tuban Ajak Tangguh dan Tumbuh di Masa Pandemi

Beragam cara dilakukan untuk memperingati HUT RI ke 76, yang jatuh pada 17 Agustus. Seperti dilakukan yayasan Al Uswah Tuban dengan menggelar webinar.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Sudarsono
TNI/Polri saat memberikan materi kebangsaan dalam zoom meeting bersama Al Uswah Tuban 

Laporan Wartawan Surya, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM, TUBAN - Menyambut HUT RI ke-76, Yayasan Al Uswah Tuban menggelar webinar kebangsaan cinta NKRI, dengan menggandeng TNI-Polri setempat, Sabtu (14/8/2021). 

Acara yang bertajuk “Tangguh dan Tumbuh di Masa Pandemi Covid-19” ini mendapat respon positif dari peserta webinar. 

Direktur Eksekutif Yayasan Al Uswah Centre Tuban, Fauzi Prayitno menyampaikan, semua begitu merasakan dampak dari pandemi covid-19.

Adanya pandemi ini semoga tidak membatasi kontribusi kepada negeri, untuk mengabdi dan memberi pelayanan terbaik. 

Sebagai lembaga pendidikan, Al Uswah akan terus memberi pendampingan, pendidikan, dan pembinaan terbaik kepada anak-anak. 

"Tetap semangat agar keberadaan kita bisa memberikan kebaikan bagi sesama. TNI-Polri memberikan inspirasi bagi kami, mengenai apa itu makna dan pengabdian untuk negeri tercinta," ujarnya dalam webinar. 

Sementara itu, Kepala Bagian Perencanaan Polres Tuban, AKBP Nur Chozin menjelaskan, wawasan kebangsaan adalah hal mendasar bagi bangsa Indonesia untuk mempersatukan Indonesia menjadi satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa dalam bingkai NKRI. 

Perwira menengah itu mengingatkan, agar masyarakat terus mengamalkan cita-cita dan tujuan nasional sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945.

Di momen kemerdekaan masa pandemi ini, ia mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan (prokes) 5 M yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. 

"Di masa pandemi ini, tentu kita harus saling menguatkan. Masyarakat harus patuh 5 M demi mencegah penyebaran covid-19," pungkasnya.

Mewakili Komandan Kodim 0811 Tuban, Danramil Tuban, Kapten Inf Heri Purwanto menegaskan, peran warga negara dalam pertahanan negara, tertuang dalam landasan yuridis UUD 1945.

Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan negara. 

Ada lima nilai-nilai yang dikembangkan dalam bela negera. Di antaranya, cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, yakin kepada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, memiliki kemampuan awal bela negara.

"Semua nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan kecintaan terhadap negara harus dijaga," ucapnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved