Breaking News:

Berita Trenggalek

Meminimalkan Interaksi dengan Digitalisasi Layanan Desa Saat Pandemi

Termasuk saat pandemi Covid-19 yang membuat segalanya jadi serba terbatas. Dengan digitalisasi, risiko interaksi antarorang bisa ditekan.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Aplikasi Gaol 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Layanan untuk masyarakat harus tetap berjalan dalam kondisi apapun.

Termasuk saat pandemi Covid-19 yang membuat segalanya jadi serba terbatas. Dengan digitalisasi, risiko interaksi antarorang bisa ditekan. 

Di sisi lain layanan untuk warga juga tetap terjamin.

-
SAIFUDDIN Tohir (29) sempat merasa galau saat hendak mengurus surat izin usaha untuk bisnis yang tengah ia rintis, pertengahan Mei 2021.

Saat itu kasus Covid-19 di Kabupaten Trenggalek tengah memuncak. Warga Desa Gamping, Kecamatan Suruh itu sudah beberapa waktu membatasi kegiatan di luar rumah untuk menjaga diri dan keluarganya dari risiko terpapar Covid-19.

Untuk menghindari keluar-masuk kantor pemerintahan, ia iseng mencoba aplikasi layanan buatan pemerintah desa setempat. Aplikasi bernama Gaol – akronim dari Gamping Online – itu belum lama diluncurkan.

Baca juga: Anggota Pramuka Malang yang Berusia Lebih dari 17 Tahun Mendapat Vaksin

Pihak Pemerintah Desa (Pemdes) Gamping merintis layanan digital itu untuk mewadahi kebutuhan urus-mengurus surat dan layanan administrasi bagi warganya di tengah pandemi Covid-19.

“Ternyata cepat. Cuma beberapa hari, sudah selesai. Saya tidak perlu ke balai desa. Tinggal memasukkan data dan apa yang dijadikan syarat, mengajukan, beberapa hari kemudian izin yang saya ajukan sudah jadi,” kisah Saifuddin, Minggu (15/8/2021).

Ia juga tak perlu mengambil surat izin usaha itu ke kantor desa. Setelah pihak desa menguruskan izin itu ke pemerintah kabupaten, surat langsung dikirim dalam bentuk berkas bertandatangan elektronik ke pemohon. Saifuddin pun tinggal mencetaknya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved