Breaking News:

Berita Malang

Selama Bulan Juli 2021 Terjadi Sembilan Kebakaran di Kota Malang, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

Di bulan Juli 2021, tercatat ada sembilan laporan kejadian kebakaran yang ditangani oleh UPT Pemadam Kebakaran Kota Malang

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Samsul Arifin
TribunJatim.com
Kepala UPT Damkar Kota Malang Teguh Budi Wibowo 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Jumlah kejadian kebakaran di wilayah Kota Malang masih cukup tinggi. Di bulan Juli 2021, tercatat ada sembilan laporan kejadian kebakaran yang ditangani oleh UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Malang.

Dari data tersebut, apabila di rata-rata maka dalam setiap minggunya ada dua kejadian kebakaran. Dan dari  sembilan kejadian tersebut, total kerugiannya mencapai Rp. 412.650.000.

Kepala UPT Damkar Kota Malang, Teguh Budi Wibowo mengatakan, bahwa kejadian kebakaran yang paling banyak terjadi di wilayah Kecamatan Sukun.

"Untuk di Sukun ada tiga laporan kejadian, di Blimbing ada dua laporan, di Klojen ada dua laporan dan di Lowokwaru ada satu laporan. Sedangkan, untuk laporan yang satu ini merupakan perbantuan ke wilayah Kabupaten Malang," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (15/8/2021).

Dirinya mengungkapkan berdasarkan laporan yang masuk, kejadian kebakaran didominasi karena kebocoran gas elpiji.

"Dari laporan kejadian yang kami terima dan kami tangani, kebakaran didominasi terjadi karena kebocoran gas elpiji. Selain itu, juga disebabkan oleh korsleting listrik dan kecerobohan pemilik rumah," terangnya.

Dirinya mengaku untuk masyarakat harus rutin mengecek, baik kondisi regulator dan selang elpiji maupun instalasi kelistrikan yang ada di rumah.

"Saya berpesan kepada masyarakat agar bisa mawas diri, dengan mengecek barang-barang khususnya yang berhubungan dengan elektronik dan gas elpiji," jelasnya.

Teguh kembali menegaskan hal tersebut, lantaran kebakaran di Kota Malang sudah melahap setidaknya enam bangunan hunian. Sisanya, merupakan lahan kosong dan instalasi listrik.

"Agar kejadian kebakaran tidak lagi terjadi, masyarakat kami imbau agar lebih waspada. Jangan panik jika mengalami hal tersebut, dan segera hubungi kami apabila membutuhkan bantuan," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved