Breaking News:

Berita Malang

Soal Anggaran PEN, Sekda Kabupaten Malang Pastikan Sudah Sesuai Amanah

Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat bersikukuh jika anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di wilayahnya telah digunakan sesuai amana

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Erwin Wicaksono
Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Wahyu Hidayat bersikukuh jika anggaran Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di wilayahnya telah digunakan sesuai amanah.

Menurut Wahyu, sejumlah indikator-indikator pemulihan ekonomi di Kabupaten Malang perlahan sudah mulai tampak. Seperti sektor usaha UMKM dan pertanian.

"Sejauh ini yang sudah dicapai contohnya UMKM dengan penjualan onlinenya, lalu sektor pertanian yang tidak terdampak laporannya baik masih panen. Semua berjalan lancar beda dengan Kota Malang dan Kota Batu. Mungkin yang terdampak pariwisata," ujar Wahyu ketika dikonfirmasi.

Ditanya perihal transparansi penggunaan dana PEN, Wahyu menyatakan Pemkab Malang menggunakan anggaran PEN sesuai petunjuk pemerintah pusat.

"Besarnya Rp 362 miliar dari refocusing sumbernya. Instruksi pusat harus segera ada percepatan agar segera bisa dirasakan masyarakat," papar Wahyu.

Sementara itu, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menjelaskan anggaran pemulihan perekonomian masyarakat sudah dialokasikan kepada 21 satuan kerja di Kabupaten Malang.

Mantan Ketua DPRD Kabupaten Malang itu mencontohkan wujud hasil PEN yang tampak sejauh ini difokuskan untuk program perlindungan sosial, pemberdayaan masyarakat, pendidikan dan sektor infrastruktur.

“Salah satu contoh ya di Bina Marga. Meski alokasi anggaran dari PEN cukup besar, tapi kan masih kurang jika dibandingkan luas wilayah dan kondisi yang ada di Kabupaten Malang. Lalu disusul DPKPCK, Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan,” papar Didik. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved