Breaking News:

Berita Pemprov Jatim

Besok, Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di Grahadi Bakal Digelar Terbatas dan Ketat

Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 76 akan diselenggarakan besok di halaman Gedung Negara Grahadi, Selasa (16/8/2021). Gubernur Jawa Timur Khofifah....

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Fatimatuz Zahroh
Plt Kepala Biro Administrasi Pimpinan Provinsi Jatim Aries Agung Paewai, saat diwawancara di Grahadi, Senin (16/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke 76 akan diselenggarakan besok di halaman Gedung Negara Grahadi, Selasa (16/8/2021).

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan berperan langsung sebagai pembina upacara dengan undangan dan pasukan upacara yang sangat terbatas.

Aries Agung Paewai selaku Plt Kabiro Administrasi Pimpinan Provinsi Jawa Timur mengatakan bahwa penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI ini telah sejalan dengan arahan pemerintah pusat.

Bahwa setiap daerah diperbolehkan untuk menyelenggarakan upacara secara ketat dan terbatas sesuai dengan protokol yang diizinkan.

“Protokol yang kami selenggarakan untuk besok sangat ketat. Pasukan upacaranya sangat dibatasi. Kita siapkan 40 orang untuk pasukan, dan semuanya anggota TNI Polri, dan semuanya telah diswab antigen negatif, termasuk seluruh petugas,” kata Aries, pada Surya (Tribun Jatim Network), Senin (16/8/2021) petang.

Tidak hanya itu, untuk undangan juga sangat dibatasi di mana hanya ada 50 orang undangan sesuai dengan kapasitas halaman teras Gedung Negara Grahadi.

Sedangkan untuk gubernur Jatim yang menjabat sebelumnya tetap disiapkan undangan namun secara virtual.

“Untuk petugas pasukan pengibar bendera ada perwakilan dari kabupaten kota. Total jumlanya 76 orang. Jadi nanti kita bagi, 38 orang untuk ucapara pagi, dan 38 orang lainnya untuk upacara sore harinya saat penurunan bendera,” tegasnya.

Termasuk dampak dari pandemi covid-19, untuk pasukan paduan suara juga dibatasi. Jika biasanya ada 250 orang untuk pasukan paduan suara, kali ini dbatasi hanya 30 orang saja. 

Semua yang terlibat telah disediakan swab antigen gratis guna memastikan bahwa mereka yang bertugas telah negAtif covid-19 sehingga aman saat berinteraksi satu sama lain. Sehingga upacara hari kemerdekaan tidak menjadi celah penyebaran covid-19.

“Upacara kita mulai pukul 08.00 WIB. Seluruh ASN di Jatim juga diwajibkan untuk mengikuti upacara secara virtual. Kemudian pukul 10.00 ibu gubernur akan mengikuti secara virtual upacara dari istana,” tegasnya.

Selanjutnya upacara penurunan bendera juga akan diselenggarakan sore harinya pukul 16.30 WIB dengan pasukan yang sama. Dan pada pukul 17.30 WIB gubernur kan mengikuti upacara secara virtual bersama presiden.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved