Breaking News:

Berita Kota Batu

Lolos Pemeriksaan dan Penuhi Syarat, Belasan Tahanan Polres Batu Ikuti Vaksinasi Covid-19

Lolos pemeriksaan awal dan memenuhi syarat, belasan tahanan Polres Batu mengikuti vaksinasi Covid-19 untuk membentuk kekebalan kelompok.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Tahanan Polres Batu menerima vaksin Covid-19 dosis pertama, yang dilaksanakan di Mapolres Batu, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Tahanan di Polres Batu mendapatkan jatah vaksin Covid-19 dosis pertama.

Ada 12 orang tahanan yang lolos pemeriksaan awal dan memenuhi syarat menerima vaksin Covid-19, sedangkan yang lainnya masih belum lolos.

Kapolres Batu, AKBP Catur C Wibowo mengatakan, vaksinasi Covid-19 terhadap para tahanan adalah proses untuk membentuk kekebalan massa. Meskipun mereka adalah tahanan, namun memiliki hak yang sama untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Vaksinasi terhadap tahanan kami lakukan setelah sebelumnya para difabel dan masyarakat umum menerima dosis vaksin,” ujar Catur, Minggu (15/8/2021).

Jumlah tahanan yang ada di Polres Batu sebanyak 33 orang. Mereka yang tidak lolos pemeriksaan awal tetap akan mendapatkan jatah vaksin dalam kesempatan berikutnya. Tentu saja dengan syarat laik mendapatkan vaksin.

“Hasil pemeriksaan memang ada beberapa yang tidak lolos karena kondisinya dinyatakan belum ideal menerima vaksin. Jika nanti sudah dipastikan bagus, tentu akan mendapatkan jatah vaksin,” ujar Catur.

Polres Batu juga akan mendistribusikan dosisi vaksin kepada para santri yang berada di pondok pesantren. Catur menegaskan, berbagai pihak disusuri agar mereka mendapat vaksin. Tujuannya tidak lain untuk membentuk kekebalan kelompok, yakni 70 persen dari keseluruhan penduduk Kota Batu.

Sebelumnya, halaman depan Polres Batu dijadikan tempat vaksinasi Covid-19 bagi kelompok masyarakat difabel. Ada puluhan difabel yang diberi vaksin Covid-19 dosis pertama merek Sinovac.

“Kami bersama TNI turut serta melakukan vaksinasi terhadap masyarakat. Harapannya agar ada kekebalan kelompok,” paparnya.

Baca juga: Luhut Apresiasi Tempat Isoter di Kota Batu, Sebut Tingkat Kesembuhan Pasien Covid-19 100 Persen

Komandan Distrik Militer 0818 Malang-Batu, Letnan Kolonel Infanteri Yusub Dody Sandra mengatakan, kekebalan kelompok di Kota Batu bisa saja terjadi di akhir tahun ini. Asalkan, pasokan vaksin yang dibutuhkan masyarakat Kota Batu lancar dan terpenuhi.

Pekan lalu, Kodim 0818 Malang-Batu membantu penyuntikan 1000 dosis vaksin bagi warga Kota Batu. Ada tiga lokasi yang menjadi tempat vaksinasi di Kota Batu.

"Dalam mempercepat vaksinasi Covid-19 di Kota Batu hari ini kami membantu 1000 dosis. Vaksinasi di Kota Batu sampai saat ini sudah cukup tinggi mencapai 25 persen,” ujar Yusub.

Meski telah mencapai 25 persen atau sekitar 42 ribu orang dari jumlah penduduk yang harus divaksin, butuh 164.862 orang atau 70 persen dari jumlah keseluruhan warga agar terbentuk kekebalan kelompok. Yusub mengatakan percepatan vaksinasi juga tergantung pasokan vaksin.

"Kami TNI/Polri dan pemda berusaha melakukan percepatan vaksinasi. Sehingga kami imbau bagi masyarakat yang belum vaksin untuk segera mendaftar agar dapat membentuk herd immunity. Selain menerapkan prokes, vaksinasi ini merupakan ikhtiar pemerintah dalam menangani pandemi,” bebernya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved