Breaking News:

Berita Kota Kediri

Upacara Agustusan di Rumah Masa Kecil Bung Karno di Kediri Akan Digelar Dua Kali

Upacara Agustusan di Rumah Masa Kecil Bung Karno di Kediri akan dihelat dua kali. Begini penjelasan Ketua Harian Persada Sukarno.

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Didik Mashudi
Halaman Rumah Persada Sukarno, tempat masa kecil Bung Karno di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Rumah Persada Sukarno akan menggelar dua kali upacara bendera dalam rangka mensyukuri nikmat Kemerdekaan Bangsa Indonesia dan Berdirinya NKRI, di Desa Pojok, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri.

Rumah Persada Sukarno merupakan tempat Bung Karno menghabiskan waktunya di masa kecil. Di tempat ini Bung Karno berganti nama dari Kusno menjadi Soekarno.

Upacara pertama digelar dalam rangka Proklamasi Kemerdekaan Bangsa Indonesia pada Selasa (17/8/2021) dan upacara kedua berkaitan dengan Berdirinya NKRI pada Rabu (18/8/2021).

Selain menggelar upacara bendera, pada kesempatan itu juga dihelat kegiatan doa bersama serta santunan anak yatim dan fakir miskin.

Ketua Harian Persada Sukarno, Kushartono, menjelaskan, kegiatan dua kali upacara dilakukan setelah bertahun-tahun dilakukan penelaahan.

"Kami mohon doa restu para waliyulloh, rohaniawan, pertapa, pejuang, sesepuh, aji sepuh dan saudara sebangsa setanah air Indonesia. Semoga Allah Yang Maha Berkat Maha Rahmat dan Maha Kuasa memberkati dan merahmati acara ini," ungkap Kushartono, Senin (16/8/2021).

Kegiatan upacara sendiri dilakukan para relawan berbagai komunitas dengan tujuan untuk membangkitkan kembali rasa kebangsaan dan rasa cinta NKRI di tengah menipiskan rasa kebangsaan dan pratiotisme di kalangan masyarakat akibat dampak negatif arus globalisasi dan moderenisasi.

Lukito Sudiarto, salah satu relawan menyebutkan, ada momentum besar yang suci dan sakral untuk membangkitkan kembali rasa cinta kita pada bangsa dan negara ini.

"Kalau kesempatan ini disia-siakan kita akan rugi besar," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved