Breaking News:

Berita Kediri

Aksi Teatrikal Bung Karno Warnai Rangkaian Upacara di Cagar Budaya Ndalem Pojok Wates Kediri

Relawan Cagar Budaya Ndalem Pojok Bungkarno Kecamatan Wates Kabupaten Kediri menggelar upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 de

Penulis: Farid Mukarrom | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/farid mukarrom
Aksi Teatrikal Peringatan HUT RI ke-76 di Situs Ndalem Pojok Kecamatan Wates Kabupaten Kediri (Rumah Kecil Bung Karno) Selasa (17/8/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Farid Mukarrom

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Relawan Cagar Budaya Ndalem Pojok Bung Karno Kecamatan Wates Kabupaten Kediri menggelar upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76 dengan aksi teatrikal.

Sebelum melakukan upacara para panitia menyiapkan aksi semi teatrikal yang menggambarkan detik-detik menjelang proklamasi.

Dalam aksi teatrikal menunjukkan sosok Bung Karno yang diculik oleh para pemuda menjelang hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini batang leherku. Seret aku ke pojok itu dan potong leher saya.  Saya tidak akan memproklmirkan kemerdekaan kecuali nanti tanggal 17 Agustus," gertak pemeran Soekarno marah.

“Mengapa harus tanggal 17 Bung? mengapa tidak sekarang saja? atau tanggal 16?,” tanya golongan muda pada Soekarno. 

Ini adalah diantara adegan teatrikal yang akan diperankan dalam rangkain upacara Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia Ke-76 di Situs nDalem Pojok Persada Soekarno Ds Pojok Kec. Wates Kab. Kediri, tepat 17 Agustus 2021. 

Upacara dilaksanakan secara terbatas dengan mematuhi protokol kesehatan. Panitia menyediakan link dan menganjurkan warga mengikuti melalui aplikasi zoom metting yang telah disediakan.

“Peristiwa sejarah ini tidak banyak yang mengetahui, jika Bung Karno sampai mempertaruhkan nyawa demi tanggal 17 Agustus 1945.

Yustiono Fatoni Relawan Situs Ndalem Pojok Bung Karno menyampaikan alasan menggelar teatrikal untuk mengajarkan tentang sejarah asli Proklamasi 17 Agustus 1945.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved