Breaking News:

Berita Jatim

Dinsos Pastikan Anak-anak Jawa Timur yang Orang Tuanya Meninggal Karena Covid-19 Tidak Terlantar

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan anak-anak yang orang tuanya meninggal karena Covid-19 tidak terlantar. 'Tidak boleh putus sekolah'.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Hefty Suud
TribunJatim.com/Fatimatuz Zahroh
Kadinsos Jatim Alwi, saat diwawancara di Grahadi, Selasa (17/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memastikan anak-anak yang menjadi yatim dan piatu, karena orang tuanya meninggal akibat terpapar virus Corona ( Covid-19 ), tidak sampai terlantar dan kehilangan pengasuhan. 

Kini Pemprov Jatim melalui Dinas Sosial Jatim telah mendapatkan data by name by address anak-anak di Jatim yang menjadi yatim dan piatu maupun yatim piatu karena orang tuanya meninggal setelah terpapar Covid-19

Kadinsos Jatim Alwi mengatakan total ada sebanyak 927 anak di Jawa Timur (Jatim) yang ayah dan atau ibunya meninggal dunia karena Covid-19, dan terdata oleh Dinas Sosial.

"Pendataan masih akan berjalan, nah sekarang sudah ada 927 anak yang terdata. Mereka kita lakukan assessment terkait kondisi anaknya. Ada yang belum sekolah hingga ada yang sudah jenjang SMA," tegas Alwi, Selasa (17/8/2021). 

Baca juga: Polda Jatim Gelontor 1.000 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Bonek Mania, Diajak Jaga Protokol Kesehatan

Dari data tersebut, sebarannya yaitu usia SMP 23 persen, dan usia SMA sebanyak 22 persen. Dan yang belum sekolah sebanyak 15 persen. 

Pada anak-anak tersebut, tim dari Dinas Sosial telah turun langsung dalam melakukan assessment pada anak-anak tersebut. Dan mereka telah diberikan sejumlah perhatin. 

Pertama, saat turun melakukan penyapaan dan pendataan, mereka langsung diberikan paket sembako. Selain itu mereka juga dihibur tim untuk memberikan physico-social therapy. 

Berikunya dari hasil assessment pada 927 anak tersebut, didapatkan bahwa sebanyak 299 anak sudah mendapatkan asuhan keluarga, kemudian ada sebanyak 601 anak dalam asuhan keluarga namun membutuhkan bantuan. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved