Breaking News:

Berita Banyuwangi

Pemkab Banyuwangi Kucurkan Bantuan ke PKL di Destinasi Wisata Pantai Pulau Merah

Pemkab Banyuwangi mengucurkan bantuan untuk pedagang kaki lima (PKL) di destinasi wisata Pantai Pulau Merah dan Pantai Mustika.

Penulis: Haorrahman | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani saat menyerahkan bantuan pada warga di Pulau Merah, Senin (16/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Haorrahman

TRIBUNJATIM.COM, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi terus menyalurkan bantuan uang tunai ke warung kecil maupun pedagang kaki lima (PKL) yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Kali ini, sasarannya adalah warung rakyat dan PKL di kawasan destinasi wisata Pantai Pulau Merah dan Pantai Mustika, Kecamatan Pesanggaran.

Selain itu, juga diserahkan paket sembako untuk pegiat kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di destinasi tersebut.

”Pertama, kembali saya sampaikan permohonan maaf, karena harus ada PPKM untuk pengendalian Covid-19, yang juga pasti berdampak ke destinasi. Pengunjung sepi, pemasukan PKL dan warung-warung di sini berkurang. Demikian pula dampaknya dirasakan kawan-kawan Pokdarwis. Maka kami berinisiatif menyiapkan program bantuan ini,” ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani seusai penyerahan bantuan, Senin (16/8/2021).

Sebanyak 111 PKL di destinasi Pantai Pulau Merah dan Pantai Mustika mendapatkan bantuan masing-masing uang tunai Rp 300.000.

Selain itu, ada 100 anggota Pokdarwis di destinasi tersebut yang menerima bantuan sembako.

Pemkab Banyuwangi dalam sebulan terakhir memang terus menyalurkan bantuan untuk PKL dan warung-warung kecil. Total penerima bantuan mencapai 6.961 pelaku usaha ultra mikro, di mana masing-masing menerima Rp 300.000.

"Bantuan ini memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan potensi omzet yang bisa didapatkan saat berjualan normal. Setidaknya ini wujud solidaritas, bahwa kita bersama-sama dalam masa sulit ini," imbuhnya.

Ipuk memaparkan, skema bantuan lainnya juga telah dikucurkan, yaitu dari pemerintah pusat berupa bantuan sosial tunai (BST) untuk 45.000 keluarga penerima manfaat (KPM), Program Keluarga Harapan (PKH) 62.000 KPM, BLT Dana Desa 22.000 KPM, Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) 100.000 KPM, Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk 54.000 usaha mikro masing-masing Rp 1,2 juta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved