Breaking News:

Berita Trenggalek

Sebanyak 201 Napi di Rutan Trenggalek Dapat Remisi Kemerdekaan, 3 Diantaranya Dinyatakan Bebas

Sebanyak 201 narapidana di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Trenggalek mendapat remisi atau potongan hukuman di Hari Kemerdekaan

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Samsul Arifin

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Sebanyak 201 narapidana (napi) di Rutan Kelas IIB Trenggalek mendapat remisi atau potongan hukuman di HUT Kemerdekaan RI Ke-76.

Tiga orang dari jumlah tersebut langsung bebas di hari itu, Selasa (17/8/2021). Sisa hukuman mereka telah habis setelah dikurangi jumlah remisi yang didapat.

“Sebenarnya ada empat yang bisa bebas. Tapi yang satu, masih harus menjalani hukuman subsider,” tutur Plt Kepala Rutan Trenggalek Dadang Rais Saputro usai seremonial pemberian remisi di Aula Lapas, Selasa (17/8/2021).

Dadang menjelaskan, jumlah remisi yang diterima oleh para napi beragam. Paling sedikit sebulan, dan paling banyak enam bulan.

Rinciannya, 60 orang dapat remisi 1 bulan, 52 orang dapat remisi 2 bulan, 62 orang dapat 3 bulan, 16 orang dapat 4 bulan, 7 orang dapat 5 bulan, dan 4 orang dapat 6 bulan.

Baca juga: Pasca Seorang Napi Positif Covid-19, Rutan Trenggalek Perketat Proses Pengiriman Barang Warga Binaan

“Kasusnya bermacam-macam. Ada kasus narkotika, pencurian, penganiayaan, perlidungan anak, penggelapan, dan pembunuhan,” tutur Dadang.

Menurutnya, napi yang menerima remisi telah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. Seperti berkelakuan baik dan telah menjalani hukuman lebih dari enam bulan.

Ia menambahkan, para napi di rutan yang kini dihuni sebanyak 473 orang itu telah diberi bekal keterampilan lewat program-program yang dijalankan oleh lapas.

Dengan bekal itu, pihaknya berharap napi yang hari itu bebas akan memiliki keterampilan yang bisa diaplikasikan di kehidupannya ke depan.

“Kami selalu sampaikan bahwa rutan ini adalah sarana untuk merefleksikan diri. Bukan upaya menyesatkan, tapi memperbaiki. Ini supaya ketika mereka keluar, tidak lagi mengulangi berbuatannya lagi,” tuturnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved