Breaking News:

Berita Pasuruan

Antisipasi Banjir, Kota Pasuruan Normalisasi Sungai Petung

Pemerintah Kota Pasuruan mulai lakukan normalisasi Sungai Petung. Sungai ini biasanya menjadi penyumbang banjir tahunan di kawasan timur Kota Pasuruan

Penulis: Galih Lintartika | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/GALIH LINTARTIKA
Walikota Pasuruan Gus Ipul saat meninjau normaliasi Sungai Petung. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Galih Lintartika

TRIBUNJATIM.COM, PASURUAN - Pemerintah Kota Pasuruan mulai lakukan normalisasi Sungai Petung. Sungai ini biasanya menjadi penyumbang banjir tahunan di kawasan timur Kota Pasuruan.

“Alhamdulillah tahap pertama sudah selesai normalisasi. Terimakasih Bu Gubernur karena membantu normalisasi,” kata Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) usai melihat Sungai Petung, Rabu (18/8/2021)

Untuk tahap awal ini, pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Sumberdaya Air telah melakukan pendalaman dan pelebaran sungai sepanjang 200 meter.

Normalisasi dilakukan di sekitar jembatan Sungai Petung yakni sisi utara dan selatan jembatan yang selama ini terjadi penyempitan dan pendangkalan.

“Selanjutnya kami akan melakukan normalisasi lanjutan. Akan kami lanjutkan dengan alat berat pemkot ke sisi lainnya,” kata Gus Ipul.

Sungai Petung sendiri memanjang sekitar 8 kilometer dari kawasan Lumbang hingga ke pesisir laut Kota Pasuruan.

Selama ini penyebab banjir di sisi timur Kota Pasuruan adalah pendangkalan Sungai Petung yang memang membelah wilayah Kota Pasuruan di kawasan timur.

Sementara untuk sisi barat kota yang juga langganan menyumbang banjir adalah Sungai welang yang juga dilakukan proses normalisasi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved