Breaking News:

Berita Trenggalek

Mulai Pindahkan Pasien Covid-19 ke Isoter, Bupati Trenggalek Minta Petugas Hindari Konfrontasi

Mulai pindahkan pasien Covid-19 yang jalani isoman ke isoter, Bupati Trenggalek Mas Ipin meminta petugas menghindari konfrontasi.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Apel persiapan pemindahan pasien Covid-19 yang jalani isolasi mandiei ke isoter, Rabu (18/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pasien Covid-19 (virus Corona) yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing di Kabupaten Trenggalek mulai dipindahkan ke tempat isolasi terpadu (isoter).

Tempat ini tersebar di beberapa desa dan kecamatan.

Pemkab Trenggalek bekerja sama dengan pemerintah desa dan kecamatan memanfaatkan gedung-gedung yang tak terpakai untuk tempat isoter.

Proses pemindahan itu akan melibatkan puluhan petugas lintas instansi. Sebelum dimulai, para petugas mengikuti apel persiapan pemindahan di Pendopo Kabupaten Trenggalek, Rabu (18/8/2021).

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengatakan, pemindahan pasien Covid-19 yang jalani isoman ke isoter bertujuan untuk menekan risiko kefatalan akibat Covid-19.

Di tempat isoter, mereka akan dirawat dan diawasi oleh para petugas kesehatan yang bersiaga.

Dengan demikian, para pasien bisa segera pulih dan sehat dari penyakit akibat virus Corona itu.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Mas Ipin tersebut meminta agar petugas lapangan mengedepankan komunikasi yang baik dengan warga.

Hal itu untuk menghindari konfrontasi dengan warga saat proses pemindahan pasien isoman dari rumahnya ke isoter.

Baca juga: Genap Sepekan, Nelayan yang Hilang Tenggelam di Perairan Trenggalek Akhirnya Ditemukan

Apabila terjadi kendala dalam proses itu, ia meminta petugas di lapangan untuk langsung berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti satgas, pemdes, pihak kecamatan, atau langsung ke pemkab.

"Ini upaya kita untuk melindungi masyarakat Kabupaten Trenggalek. Tolong dipersuasi dengan baik pemindahan dari isolasi mandiri ke isolasi yang terpusat," terang Mas Ipin.

Di sisi lain, para pasien Covid-19 dan keluarga bisa menerima kebijakan untuk berpindah tempat isolasi dari rumah ke isoter. Sehingga, kondisi mereka dapat terpantau dan segera pulih.

Mas Ipin berharap, kebijakan itu bisa menekan angka kematian akibat Covid-19 yang tergolong tinggi di Kabupaten Trenggalek

Data terakhir hingga Selasa (17/8/2021) menunjukkan, tingkat kematian akibat Covid-19 di Trenggalek mencapai 12,22 persen.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved