Breaking News:

Berita Nganjuk

DPRD Nganjuk Lakukan Uji Coba Kunker ke Luar Daerah, Sesuaikan Kondisi Pandemi Covid-19

Dengan menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19, DPRD Nganjuk melakukan uji coba kunker (kunjungan kerja) ke luar daerah.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Dwi Prastika
TRIBUNJATIM.COM/ACHMAD AMRU MUIZ
Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono, Kamis (24/6/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - DPRD Kabupaten Nganjuk lakukan uji coba kunjungan kerja (kunker) ke luar daerah di masa pandemi Covid-19 (virus Corona).

Hal itu sekaligus untuk melihat pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan proses refocusing anggaran di daerah lain.

Ketua DPRD Kabupaten Nganjuk, Tatit Heru Tjahjono mengatakan, pelaksanaan uji coba kunker DPRD Nganjuk tersebut dilaksanakan oleh anggota Badan Anggaran (Banggar).

Dengan demikian, tidak semua anggota DPRD mengikuti kegiatan uji coba kunker tersebut.

"Kami sendiri tidak mengikuti uji coba kunker itu dan menjalankan kegiatan kedewanan di Nganjuk," kata Tatit Heru Tjahjono, Kamis (19/8/2021).

Dijelaskan Tatit Heru Tjahjono, dilakukanya uji coba pelaksanaan kunker DPRD sesuai protokol kesehatan Covid-19 tersebut setelah melihat situasi dan kondisi di lapangan yang cukup rawan terjadinya penularan virus Corona varian Delta.

Dengan demikian, DPRD Nganjuk membutuhkan proses dan pola yang sesuai untuk pelaksanaan kunker ke luar daerah dalam menjalankan tugas-tugas sebagai wakil rakyat.

Di samping itu, dikatakan Tatit Heru Tjahjono, dalam uji coba kunker tersebut juga untuk mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi sesuai aturan pelaksanaan kunker bagi anggota DPRD di tengah pandemi Covid-19. Karena bagaimanapun, anggota DPRD harus dijaga kesehatan dan keselamatannya ketika menjalankan tugas legislatif.

Baca juga: Nganjuk Masuk PPKM Level 3, Satgas Covid-19 Siapkan Langkah Awal Pemindahan Warga Isoman ke Isoter

"Itulah mengapa DPRD butuh uji coba pelaksanaan kegiatan kunker atau boleh dikata kunker kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19," tandas Tatit Heru Tjahjono.

Memang, diakui Tatit Heru Tjahjono, kondisi pandemi Covid-19 yang belum selesai hingga sekarang ini telah berdampak pada pola kinerja yang harus disesuaikan. Seperti kinerja dengan lebih banyak memanfaatkan teknologi informasi dan telekomunikasi. Di mana dalam menjalankan kinerja dengan tidak boleh banyak melakukan aktivitas berkumpul dan harus menjaga jarak. Hal itu dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran virus Corona di gedung DPRD Nganjuk.

"Itu telah kami lakukan hingga sekarang ini sampai kondisi memungkinkan untuk kembali menjalankan kegiatan kedewanan seperti sebelum adanya pandemi Covid-19," tutur Tatit Heru Tjahjono.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved