Breaking News:

Berita Tuban

Masuk PPKM Level 3, Tuban Gelar Pembelajaran Tatap Muka di Jenjang PAUD, SD dan SMP

Masuk PPKM Level 3, Tuban telah menggelar pembelajaran tatap muka di jenjang PAUD, SD dan SMP. Namun dengan beberapa ketentuan berikut ini!

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Ilustrasi pembelajaran sekolah tatap muka - Masuk PPKM Level 3, Tuban telah menggelar pembelajaran tatap muka di jenjang PAUD, SD dan SMP. Namun dengan beberapa ketentuan berikut ini! 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Pembelajaran tatap muka (PTM) di Kabupaten Tuban kini diperbolehkan digelar, seiring dengan adanya surat edaran (SE) yang diterbitkan Dinas Pendidikan pada masa pembelajaran PPKM Level 3 Covid-19, untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Nur Khamid mengatakan, SE Disdik menindaklanjuti SE Bupati Tuban tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 Covid-19. 

Pihaknya telah bersurat Rabu kemarin, kepada Koordinator Pendidikan Kecamatan (Kordikcam), pengawas dan penilik, serta kepada kepala SMP negeri dan swasta.

Bahwa pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada jenjang PAUD, SD, dan SMP dilakukan melalui pembelajaran tatap muka terbatas dan atau pembelajaran jarak jauh (PJJ). 

"Itu sesuai Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri RI tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. PTM sudah dilakukan sejak SE diterbitkan," ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/8/2021). 

Pihaknya telah mengatur langkah-langkah agar satuan pendidikan jenjang SD dan SMP yang melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas, berkapasitas siswa 50 persen.

Baca juga: Pekerja Seni di Tuban Gelar Unjuk Rasa Minta Kelonggaran Saat PPKM, Bawa Tiga Tuntutan

Untuk jenjang PAUD (KB dan TK) melaksanakan pembelajaran tatap muka maksimal 33 persen dengan menjaga jarak minimal 1,5 meter dan maksimal 5 peserta didik per kelas. 

Ia menyambut antusias pembelajaran tatap muka, karena pada dasarnya sudah sangat lama tidak ada tatap muka di sekolah. 

Untuk itu, semua harus mematuhi protokol kesehatan (prokes) saat pembelajaran tatap muka digelar. 

Di antaranya yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun dengan air bersih, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas.

"Kita sudah sangat ingin bisa PTM, karena belum bisa tergantikan efektivitasnya bagi jenjang PAUD hingga SMP. Kami harap Kordikcam untuk menyampaikan kepada kepala KB, TK, SD negeri atau swasta di wilayah kerjanya masing-masing," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved