Breaking News:

Berita Kota Batu

Pramuka Kota Batu Gelar Vaksinasi Covid-19, Dua Jam Pendaftaran Dibuka, Kuota Sudah Penuh

Pramuka Kota Batu gelar vaksinasi Covid-19 berkapasitas 500 dosis, dua jam pendaftaran dibuka, kuota penerima vaksin sudah penuh.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Diskominfo Kota Batu
Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batu, Punjul Santoso melihat langsung proses vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Kamis (19/8/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Batu, menggelar vaksinasi Covid-19 (virus Corona) dengan kapasitas 500 dosis kepada anggota Pramuka dan masyarakat umum di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (19/8/2021).

Vaksinasi Covid-19 tersebut bagian dari program 60 ribu vaksin masyarakat Jawa Timur dalam peringatan Hari Pramuka ke-60. Program vaksinasi dilaksanakan serentak seluruh Jawa Timur.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batu, Punjul Santoso mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tersebut jumlahnya disamakan dengan peringatan Hari Pramuka, yakni 60.

Pelaksanaan di Kota Batu berlangsung sepanjang dua hari, berakhir pada Jumat (20/8/2021).

“Vaksinasi dilaksanakan hari ini dan besok. Ini terjadi karena menyesuaikan tenaga medis dari Dinas Kesehatan,” papar Punjul, Kamis (19/8/2021).

Punjul memaparkan, Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Batu telah menyiapkan 500 dosis vaksin yang diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama diberikan sebanyak 250 dosis dan berikutnya diberikan 250 dosis lagi.

Sebelum mendapatkan vaksin, peserta harus mendaftar terlebih dahulu. Pendaftaran dilakukan secara online.

Punjul mengatakan, minat masyarakat Kota Batu mendapatkan vaksin Covid-19 sangat tinggi. Dua jam setelah pengumuman dibuka, kuota penerima vaksin sudah penuh.

“Sejak pagi, anggota Pramuka sudah mengatur pembatasan peserta vaksin sehingga tidak terjadi kerumunan pada satu titik,” kata dia.

Baca juga: Perumdam Among Tirto Kota Batu Beri Diskon hingga Gratiskan Tarif di Momen Hari Kemerdekaan RI ke-76

Meskipun sudah ada pendaftaran sebelumnya, namun masih ada masyarakat yang belum mendaftar datang ke tempat vaksinasi. Petugas pun mengakomodir dengan ketentuan jika vaksin masih tersedia.

Vaksinasi ini diharapkan dapat mempercepat terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity. Berdasarkan data hingga saat ini sudah ada 28,60 persen masyarakat Kota Batu mendapat dosis pertama, 21,09 persen mendapat dosis kedua dan 15,88 persen mendapat dosis ketiga, khusus tenaga kesehatan.

Jumlah kasus positif Covid-19 di Kota batu secara akumulatif per 19 Agustus 2021 sebanyak 2831. Ada tambahan 29 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 di hari yang sama. Jumlah orang sembuh sebanyak 2.396  bertambah 23 orang dari hari sebelumnya.

Sedangkan jumlah kematian terus meningkat menjadi 239 setelah dilaporkan enam orang meninggal dunia.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batu mencatat ada 196 orang berstatus aktif. Kota Batu tidak lagi menjadi zona merah. Kini, Kota Batu berstatus zona sedang atau oranye. Namun jika status wilayah berdasarkan ketersedian tempat tidur perawatan, Kota Batu masih zona merah atau berisiko tinggi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved