Breaking News:

Gaya Hidup Sehat akan Menghasilkan ASI yang Baik, Ahli Gizi: Ibu Menyusui Kurangi Asupan Kafein

Ahli Gizi Klinis di RS Melinda Bandung beber gaya hidup sehat dan tips diet untuk ibu menysui, supaya menghasilkan ASI yang baik.

Penulis: Sri Handi Lestari | Editor: Hefty Suud
Healthy Burnett
Ilustrasi - Gaya hidup sehat untuk ibu menyusui. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Handi Lestari

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pekan ASI Sedunia diperingati setiap bulan Agustus, dan PT Ajinomoto Indonesia bersama dr Johanes Chandrawinata, MND, SpGK sebagai Ahli Gizi Klinis di RS Melinda Bandung berbagi informasi tentang peran glutamat dalam ASI kepada ibu menyusui di Indonesia.

Semua ibu mengetahui bahwa ASI merupakan nutrisi penting untuk tumbuh kembang bayi.

Namun tahu kah ibu? penting juga bagi ibu menyusui untuk mengetahui bahwa gaya hidup sehat dan tips diet akan menghasilkan ASI yang baik.

Menurut dr Johanes, ASI sangat penting sebagai perlindungan paling awal bagi bayi baru lahir, dan juga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi karena ASI mengandung banyak nutrisi seperti glutamat atau asam amino bebas (FAA) yang merupakan sumber nitrogen yang baik untuk bayi.

“Glutamat, berbagai zat gizi makro, zat gizi mikro, dan zat bioaktif yang terkandung dalam ASI menjadikannya makanan pertama yang ideal untuk bayi. Adanya zat bioaktif dalam ASI menunjukkan pentingnya ASI sebagai makanan fungsional yang berperan penting dalam daya tahan dan kesehatan bayi,” jelas dr Johanes, Minggu (22/8/2021).

Baca juga: Amankah Vaksin Covid-19 untuk Ibu Menyusui? Timbulkan Efek Samping? Simak Ulasannya Berikut Ini

Sebuah studi oleh Berthold Koletzko yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Nutrition and Metabolism 3 Desember 2018 menjelaskan bahwa kadar glutamat bebas dalam ASI 6 kali lebih tinggi dari susu formula lainnya.

Pada bayi baru lahir, glutamat dan glutamin merupakan faktor pertumbuhan sel epitel usus. Glutamat dan glutamin meningkatkan fungsi penghalang usus dan mempengaruhi perkembangan sel-sel imunitas.

"Dari segi anthropometri, glutamat dan glutamin ternyata juga membantu peningkatan tinggi dan berat bayi,” tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved