Breaking News:

Berita Malang

Puluhan Pasien Isoman di Kecamatan Blimbing Dipindahkan ke Isoter

Dalam waktu satu minggu, Covid Hunter Kota Malang wilayah Kecamatan Blimbing telah sukses memindahkan puluhan pasien Covid 19 yang Isolasi Mandiri

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: Januar
Kodim 0833 Kota Malang
Proses pemindahan pasien Covid 19 yang menjalani isoman menuju tempat isoter. 

Laporan wartawan TribunJatim.com, Kukuh Kurniawan

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Dalam waktu satu minggu, Covid Hunter Kota Malang wilayah Kecamatan Blimbing telah sukses memindahkan puluhan pasien Covid-19 yang Isolasi Mandiri (Isoman) ke tempat Isolasi Terpusat (Isoter).

Perlu diketahui, Covid Hunter Kota Malang wilayah Kecamatan Blimbing terdiri dari anggota Polsek Blimbing, Koramil 0833/03 Blimbing dan Pusekesmas di masing-masing kelurahan di Kecamatan Blimbing.

Pemindahan itu sudah mulai dilaksanakan sejak Senin hingga Sabtu, 16-22 Agustus 2021. Setidaknya, tercatat ada 41 pasien Isoman di wilayah Kecamatan Blimbing berhasil dipindahkan ke tempat isoter.

Plh. Kapolsek Blimbing AKP Suparno menjelaskan, pemindahan dilakukan secara bertahap. Serta, harus berdasarkan pertimbangan kondisi pasien dan perawat pasien.

"Ada beberapa pertimbangan, karena tidak mudah memindahkan pasien Isoman ke Isoter. Banyak pertimbangannya, oleh karena itu harus berdasarkan asesmen dari Puskesmas setempat," ujarnya kepada TribunJatim.com, Minggu (22/8/2021).

Dirinya menjelaskan, rincian untuk pemindahan pasien Isoman yakni, pada tanggal 16-17 Agustus ada 16 orang. Lalu pada 18 Agustus, ada empat orang,

"Kemudian pada tanggal 19 Agustus,  ada delapan orang dan tanggal 20-22 Agustus ada 13 orang," tambahnya.

Baca juga: Diusir Soeharto dari Istana, Soekarno Tinggalkan Banyak Barang Berharga, Hanya 1 yang Digenggam

Dirinya berharap, pihaknya bisa memindahkan pasien sebanyak-banyaknya. Akan tetapi dari pertimbangan itulah, pihaknya tidak menetapkan target secara jelas.

"Kami harus testing dan tracing dari puskesmas dulu. Dari pertimbangan dan persetujuan puskesmas dan keluarga, baru bisa kami pindahkan," ungkapnya.

Sementara itu, Dandim 0833/Kota Malang, Letkol Arm Ferdian Primadhona menyampaikan, bahwa pihaknya sudah menginstruksikan ke masing-masing Koramil di Kota Malang. Terkait percepatan pemindahan pasien Covid 19 Isoman menuju tempat Isoter.

"Sudah kami arahkan untuk koordinasi terkait pemindahan, sesuai kondisi pasien. Pada Sabtu (21/8/2021) kemarin, total ada 28 pasien isoman di seluruh kecamatan di Kota Malang berhasil kami pindahkan ke tempat isoter," bebernya.

Ferdian menerangkan dari 28 pasien yang dipindahkan, 13 diantaranya dibawa ke RS Lapangan Ijen Boulevard. Sedangkan sisanya, dibawa ke isoter Pemkot Malang yang terletak di Gedung BPSDM Jalan Kawi.

"Untuk pemindahan ini, target utamanya adalah kesembuhan pasien  dan pencegahan penularan kepada orang terdekat. Sehingga meskipun ada target, tetap kami bekerja sesuai kondisi di lapangan dengan tetap humanis," pungkasnya.

Kumpulan berita Malang terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved