Breaking News:

Berita Batu

Dapat Vaksin Ketiga, Nakes di Kota Batu Banyak yang Alami KIPI

Dosis ketiga yang diberikan kepada tenaga kesehatan di Kota Batu adalah vaksin Moderna. Hingga akhir pekan lalu, 567 nakes Kota Batu sudah divaksin

Penulis: Benni Indo | Editor: Samsul Arifin
Tribun Jatim Network
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susana Indahwati menjelaskan, banyak para tenaga kesehatan yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, BATU – 1.662 tenaga kesehatan di Kota Batu harus mendapatkan vaksin dosis ketiga agar mereka memiliki kekebalan tubuh melawan virus Covid-19. Dosis ketiga yang diberikan kepada tenaga kesehatan di Kota Batu adalah vaksin Moderna. Hingga akhir pekan lalu, 567 nakes Kota Batu sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga.

Vaksin Moderna memiliki sifat asam ribonukleat (RNA) atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah ribonucleic acid (RNA). Berbeda dengan Sinovac yang sifatnya terinaktivasi (inactivated).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Batu, dr Susana Indahwati menjelaskan, banyak para tenaga kesehatan yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Seluruh nakes di Kota Batu setelah mengikuti vaksin dosis ketiga mengalami KIPI ringan hingga sedang," ungkap Susan.

Dia menjelaskan, KIPI ringan hingga sedang itu contohnya seperti demam selama tiga hari, linu di bekas suntikan, nyeri di persendian dan pusing. Hal itu wajar karena virus Covid-19 di Moderna tidak sepenuhnya dimatikan seperti pada Sinovac.

Di sisi lain, banyak para nakes yang masih belum bisa menerima dosis ketiga karena baru sembuh dari Covid-19. Sesuai aturan, penyintas baru bisa menerima vaksin tiga bulan berikutnya setelah sembuh. Cakupan vaksinasi nakes mencapai 34,12 persen.

Baca juga: Pemkot Batu Akan Pindahkan Semua Pasien Covid-19 yang Isoman ke Isoter dalam Tiga Hari ke Depan

"Untuk mengikuti vaksinasi dosis ketiga salah satu persyaratannya adalah tidak boleh terinfeksi Covid-19 tiga bulan terakhir ini. Jika dihitung, berarti seorang nakes yang boleh ikut vaksinasi tidak terkonfirmasi positif Covid-19 pada bulan Mei sampai Agustus,” beber Susan.

Susan mengungkapkan, dua bulan ke belakang banyak nakes Kota Batu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Terutama pada bulan Juni dan Juli. Bahkan jumlah nakes yang terkonfirmasi positif lebih dari 200 orang nakes.

"Persyaratan lain untuk ikut vaksinasi dosis ketiga, harus terdaftar sebagai nakes di Kota Batu dan sebelumnya telah menjalani vaksinasi dosis kedua,” sebutnya.

Berdasarkan kebijakan dari Kementerian Kesehatan, vaksin ketiga diberikan kepada nakes yang dosis duanya selesai disuntikan pada 31 April 2021.

"Untuk ketersediaan vaksin Moderna di Kota Batu saat ini masih aman. Sedangkan vaksinasi kami lakukan di setiap Puskesmas dan RS Kota Batu," ujarnya.

Lebih lanjut, Susan mengungkapkan, meski vaksin booster ini hanya diberikan satu dosis saja. Namun keefektifan untuk menekan bahaya Covid-19 bisa bertahan lebih lama dibanding vaksin Sinovac.

“Masa tahan Sinovac cepat habis namun karena saat ini sifatnya emergency, maka vaksin itu tetap digunakan. Sehingga sesegera mungkin bisa tercipta kekebalan kelompok,” jelasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved