Breaking News:

Berita Nganjuk

Harga Bawang Merah di Nganjuk Kembali Anjlok Saat Panen Raya, Petani Harap Pemerintah Beri Perhatian

Harga bawang merah hasil panen raya petani di Kabupaten Nganjuk mengalami penurunan cukup signifikan.

Penulis: Achmad Amru Muiz | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/Achmad Amru
Sejumlah pekerja pitil bawang merah hasil panen petani sebelum di pasarkan ke sejumlah pasar di wilayah Nganjuk ataupun luar Nganjuk. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Achmad Amru Muiz

TRIBUNJATIM.COM, NGANJUK - Harga bawang merah hasil panen raya petani di Kabupaten Nganjuk mengalami penurunan cukup signifikan.

Bila sebelumnya harga bawang merah berada di kisaran Rp 20 ribu per kilogram, sekarang ini turun menjadi sekitar Rp 12 ribu per kilogram.

Salah satu petani bawang merah di Kelurahan Kedondong Kecamatan Bagor Kabupaten Nganjuk, Subagio Hidayanto mengatakan, anjloknya harga bawang merah saat panen raya sekarang ini disebabkan oleh dua hal.

Yakni stok bawang merah melimpah di pasar dan adanya Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pencegahan penyebaran virus Covid-19.

"Dua hal itu yang kami nilai saat ini menjadi penyebab jatuhnya harga bawang merah saat panen raya sekarang ini," kata Subagiyo Hidayanto, Selasa (24/8/2021).

Dijelaskan Subagiyo Hidayanto, sekarang ini hasil panen bawang merah Petani di Nganjuk cukup baik.

Dimana untuk satu hektar lahan pertanian bawang merah hasil panennya bisa mencapai sekitar 15 ton hingga 17 ton.

Hanya saja, karena harga bawang merah merosot sekarang ini dipastikan petani tidak banyak mendapat keuntungan dari panen raya bawang merah sekarang ini.

"Kondisi seperti itu seolah sudah menjadi kebiasaan setiap panen raya bawang merah di Nganjuk, ini yang selalu kami keluhkan dengan tidak adanya campur tangan Pemerintah untuk membantu petani hingga sekarang ini," ucap Yanto Kancil, panggilan akrab Subagiyo Hidayanto.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved