Breaking News:

Berita Madura

Puluhan Desa di Sampang Berstatus Kering Kritis, BPBD Belum Tentukan Besaran Droping Air

Dampak musim kemarau tahun ini ada 66 Desa dan 1 Kelurahan tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Sampang, Madura berstatus kering kritis, Selasa (24/8

Penulis: Hanggara Syahputra | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim/hanggara
BPBD Sampang saat mendroping air bersih ke masyarakat terdampak kekeringan di musim lalu. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Hanggara Pratama

TRIBUNJATIM.COM, SAMPANG - Dampak musim kemarau tahun ini ada 66 Desa dan 1 Kelurahan tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Sampang, Madura berstatus kering kritis, Selasa (24/8/2021).

Sehingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat akan melakukan bantuan droping air bersih untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sama seperti tahun sebelumnya.

Akan tetapi, bantuan musiman tersebut masih belum dibicarakan secara spesifik, bahkan tidak mengetahui apakah anggaran pemerintah daerah mencukupi untuk merealisasikannya.

Kepala BPBD Sampang Asroni mengatakan, bahwa pihaknya saat ini masih belum masuk ke tahap teknis untuk melakukan bantuan droping air bersih.

Menurutnya, terdapat beberapa dalam merealisasikannya, pertama harus ada surat keputusan (SK) terlebih dahulu yang diketahui Bupati.

"Kami akan buatkan SK terlebih dahulu, sedangkan kemarin hanya menentukan wilayah kekeringannya," ujarnya.

Sedangkan untuk anggaran bantuan kali ini, dirinya tidak bisa memastikan apakah anggaran pemerintah daerah mencukupi untuk memenuhi warga terdampak.

Namun, pihaknya sudah memiliki opsi lain yakni, meminta bantuan kepada BPBD Provinsi Jawa Timur.

"Untuk realisasinya nantinya kami akan bekerja sama dengan perusahaan umum air minum milik Sampang dan melibatkan pihak ketiga seperti perorangan atau beberapa orang yang punya Tangki," tuturnya.

"Mereka memiliki ketersediaan armada tangki yang akan digunakan untuk suplai air bersih pada warga terdampak," imbuhnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved